Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Kenapa Honda Stylo Pakai Mesin 160cc

Kompas.com - 03/02/2024, 18:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Stylo 160 resmi meluncur di Indonesia, dibanderol mulai Rp 27 jutaan. Skutik retro ini memakai mesin 160cc, atau tepatnya 156,9cc eSP+ yang dipasang buat motor premium-high.

Sebenarnya yang jadi pertanyaan adalah, kenapa Honda memilih Stylo memakai mesin 160cc. Padahal kalau melihat pesaingnya paling dekat yakni Yamaha Grand Filano dengan harga yang Rp 27 juta juga pakai mesin 125cc.

Menurut Octavianus Dwi Putro, Marketing Director PT Astra Honda Motor (AHM) menjelaskan, Stylo 160 ini dihadirkan buat mengisi segmen fashionable cuma ditambah dengan performa yang tinggi.

Baca juga: Cuma Bagian ini yang Tersisa dari Honda Vario 160 di Stylo 160


"Kita sudah ada rentangnya di fashionable ada Genio dan Scoopy. Memang dari studi kami, ada kebutuhan untuk selain fashionable, juga power (tenaga). Makanya kita memilih pakai mesin 160cc," kata Octa di acara peluncuran Stylo 160, Jumat (2/2/2024).

Makanya Genio punya tagline fashion meets power, memang dipertemukan antara desain yang retro dengan mesin 160cc yang mumpuni. Selain itu juga jadi tidak saling beririsan dengan motor lain.

Thomas Wijaya, Executive Vice President PT AHM juga menambahkan, secara harga, Stylo 160 cocok berada di kisaran Rp 25 juta ke atas sampai Rp 30 juta.

Baca juga: Daftar Harga Aki Mobil Per Februari 2024

All New Honda Stylo 160KOMPAS.com/ADITYO All New Honda Stylo 160

"Kalau bikin 125cc lagi rasanya akan beririsan (dengan Vario 125). Kita lebih baik menaikkan di premium high, harganya Rp 27 jutaan dan Rp 30 jutaan," ucap Thomas.

Strategi harga ini dibuat biar konsumen memiliki pilihan buat upgrade motor. Misal sudah puas dengan Scoopy yang pakai mesin 110cc, maka ada pilihan Stylo yang desainnya fashionable tapi mesinnya lebih besar.

"Sehingga step-up konsumen bisa kita jaga dan tadi orang yang sudah puas dengan Scoopy, pasti nyarinya yang lebih tinggi di 160cc," kata Thomas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com