Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komentar Toyota soal Kehadiran Mitsubishi Xpander Hybrid

Kompas.com - 03/02/2024, 15:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mitsubishi Xpander HEV alias Xpander Hybrid sudah resmi diluncurkan di Thailand dan diyakini akan meluncur juga di Indonesia. PT Toyota Astra Motor (TAM) menanggapi kehadiran Multi Purpose Vehicle (MPV) ini dengan positif.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM, mengatakan, pihaknya senang dengan adanya Xpander Hybrid. Dengan begitu, tidak hanya Toyota yang menjadi pemain di segmen mobil hybrid.

Baca juga: Mitsubishi Xpander HEV Punya 7 Mode Berkendara

"Dulu kesannya hanya Toyota saja yang jualan hybrid. Tapi, kan ada Suzuki juga, walaupun mild hybrid. Kemudian, ada Mitsubishi Xpander yang sepertinya akan meluncur, lalu ada Honda CR-V," ujar Anton kepada wartawan, saat ditemui di Jakarta, Jumat (2/2/2024).

Xpander Cross HEVYouTube Mitsubishi Motors Thailand Xpander Cross HEV

"Jadi, kita juga merasa senang produk-produk hybrid juga ternyata banyak diluncurkan oleh merek-merek lain dan mulai diterima juga oleh masyarakat," kata Anton.

Menurut Anton, ketika Toyota menjual suatu model yang ada dua versi, bensin dan hybrid, versi hybrid justru yang lebih banyak dipilih oleh konsumen.

Baca juga: Bahas Teknologi Hybrid pada Mitsubishi Xpander HEV

"Jadi, trennya sudah ke arah sana, kita juga yakin trennya akan berkembang terus. Tapi, untuk masuk ke segmen-segmen yang lebih kompetitif, kita perlu waktu untuk mempelajari," ujarnya.

Xpander HEVYouTube Mitsubishi Motors Thailand Xpander HEV

"Mungkin diskusi dengan pemerintah, siapa tahu bisa dipertimbangkan untuk dapat subsidi," kata Anton.

Namun, pada kelas LMPV, baru Xpander saja yang hadir dengan versi Hybrid Electric Vehicle (HEV). Sedangkan kompetitor sekelasnya, belum ada yang mengeluarkan versi HEV. Ada Suzuki Ertiga Hybrid, tapi masuk kategori Mild Hybrid Electric Vehicle (MHEV).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com