Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Interval Ganti Busi Mitsubishi Xpander

Kompas.com - 02/02/2024, 14:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Mitsubishi Xpander perlu dirawat dengan baik agar performanya tetap baik seiring pemakaian. Mulai dari sektor mesin, transmisi, suspensi, dan sebagainya.

Khusus bagian mesin, konsumen perlu memperhatikan penggantian busi agar tenaganya tidak loyo. Seperti yang diketahui busi berperan sebagai pemicu terjadinya pembakaran.

Lantas kapan harus mengganti busi Xpander, dan berapa harganya? 

Mitsubishi Xpander 2017 punya lampu bernetuk trapesium siku-sikuKompas.com/Ghulam Mitsubishi Xpander 2017 punya lampu bernetuk trapesium siku-siku

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota-Mitsubishi, Garasi Auto Service Sukoharjo mengatakan perawatan Xpander hampir sama dengan mobil-mobil pada umumnya.

Baca juga: Xpander Hybrid Dijual Lebih Mahal Rp 54 Juta dari Xpander Biasa

“Salah satunya mengganti busi secara rutin tiap menempuh jarak 100.000 Km, iya lebih panjang masa pakainya karena sudah menggunakan busi jenis iridium,” ucap Muchlis kepada Kompas.com, Kamis (1/2/2024).

Muchlis mengatakan penggantian busi memang terjadwal karena penurunan kemampuan busi terjadi secara perlahan dan jika tidak sampai mati tidak akan membuat mesin bermasalah.

“Gejalanya tidak begitu terasa, tapi sebenarnya kemampuan busi jika sudah sampai 100.000 Km tidak sama dengan yang baru, padahal busi menjadi komponen penentu kesempurnaan pembakaran di mesin,” ucap Muchlis.

Baca juga: Harga Xpander Cross dan Xpander Cross Hybrid Sama, Dijual Rp 420 Juta


Muchlis mengatakan harga satu busi untuk Xpander sekitar Rp 300.000-an. Sedangkan jumlah busi keseluruhan ada 4, masing-masing satu pada setiap silinder mesin.

Sehingga, sekali periode penggantian busi pada Xpander membutuhkan dana sekitar Rp 1.200.000 untuk pembelian part saja, belum termasuk biaya jasa penggantiannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com