Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xpander Hybrid Dijual Lebih Mahal Rp 54 Juta dari Xpander Biasa

Kompas.com - 01/02/2024, 12:42 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mitsubishi Thailand resmi meluncurkan varian baru untuk lini mobil elektrifikasi, yakni Mitsubishi Xpander Hybrid Electric Vehicle (HEV) dan Xpander Cross HEV, Kamis (1/2/2024).

Mobil jenis LMPV dan LSUV ini dibekali spesifikasi serupa, yakni mesin baru MIVEC dengan kapasitas 1,6 liter. Berdasarkan angka di atas kertas, mesin ini mampu menghasilkan daya 95 tk dan torsi sebesar 134 Nm.

Mitsubishi mengawinkan mesin MIVEC dengan sistem penggerak hybrid, terdiri dari set motor listrik dengan daya 116 tk dan torsi 255 Nm, serta baterai hybrid yang ditanam di kursi penumpang depan sebelah kiri.

Ryoichi Inaba, President and CEO Mitsubishi Motors Thailand menjelaskan, kehadiran Mitsubishi Xpander Hybrid memang sudah dicanangkan sejak 2022, dan pengembangannya berjalan cepat.

Baca juga: Xpander dan Xpander Cross Hybrid Resmi Meluncur, Pakai Mesin Baru Dijual Rp 400 Jutaan

sistem hybrid Mitsubishi Xpander HEVYouTube Mitsubishi Motors Thailand sistem hybrid Mitsubishi Xpander HEV

“Pada Maret 2022, Mitsubishi Motor Thailand mengumumkan rencana untuk berkembang lebih jauh, yakni dengan meluncurkan mobil penumpang berpenggerak listrik pada 2024,” ucap Ryoichi saat sesi peluncuran di Thailand, Kamis (1//2/2024).

Dia menambahkan, kehadiran Xpander Hybrid diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap dua target besar, dalam hal penurunan kadar emisi dan memaksimalkan program elektrifikasi.

“Ini juga merupakan rencana elektrifikasi Mitsubishi Global untuk mencapai global enviromental target, sekaligus target nol emisi Thailand pada 2050,” kata dia.

Baca juga: Ada Tetesan Air di Kolong Mobil, Apa Penyebabnya?

Xpander HEVYouTube Mitsubishi Motors Thailand Xpander HEV

Bicara soal harga, Mitsubishi Xpander HEV punya banderol Rp 912.000 Baht Thailand atau sekitar Rp 405,7 juta setelah dikonversi ke nilai rupiah.

Sebagai pembanding, Mitsubishi Xpander konvensional tipe GLS punya banderol 789.000 Baht di Thailand, sekitar Rp 351 juta. Jika dikomparasi, varian Hybrid jauh lebih mahal sekitar 123.000 Baht atau sekitar Rp 54 juta.

Selisih yang cukup besar tersebut tentunya sudah bisa diprediksi. Beberapa faktor yang mungkin jadi penyebab kenaikan harga adalah teknologi sistem hybrid, serta mesin baru MIVEC dengan kapasitas 1,6 liter.

Untuk diketahui, model-model Mitsubishi Xpander juga menggunakan mesin MIVEC, namun kapasitasnya cuma 1,5 liter. Daya maksimalnya adalah 105 tk dan torsi maksimal 141 Nm, angka ini tentunya masih di bawah varian terbaru

Baca juga: Viral Bus PO Rosalia Indah Tabrak Kerbau di Jalan Tol

Test drive Mitsubishi XpanderKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test drive Mitsubishi Xpander

Sebagai informasi, berikut adalah rincian harga Xpander HEV di Thailand, lengkap dengan varian Xpander konvensional sebagai komparasi :

Hybrid

Mitsubishi Xpander HEV : 912.000 Baht Thailand, sekitar Rp 405,7 juta

 

Konvensional

Mitsubishi Xpander GLS : 789,000 Baht Thailand, sekitar Rp 351 juta

Mitsubishi Xpander GT : 895,000 Baht Thailand, sekitar Rp 398,2 juta

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com