Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Scorpio Electric dan BYD Kerja Sama Garap Motor Listrik di ASEAN

Kompas.com - 31/01/2024, 09:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan asal Singapura Scorpio Electric baru-baru ini menandatangani kesepakatan dengan BYD untuk membantu memperkenalkan sepeda motor listrik di pasar ASEAN.

BYD telah terbukti menjadi salah satu pemain terkuat di kancah EV, memiliki jaringan penjualan yang kuat di seluruh Asia Tenggara.

Kabarnya, Scorpio akan memanfaatkan jaringan BYD untuk memperluas jangkauannya di pasar. Selain itu, Scorpio berfokus pada pasar-pasar utama di Asia Tenggara untuk ekspansi.

Baca juga: Selisik PO Bus Pariwisata yang Adu Banteng dengan Truk di Pantura

BYD jadi salah satu merek mobil listrik yang meramaikan Thailand International Motor Expo 2023KOMPAS.com/DIO DANANJAYA BYD jadi salah satu merek mobil listrik yang meramaikan Thailand International Motor Expo 2023

Dilansir dari Ride Apart (29/1/2024), kerja sama kedua perusahaa ini mengincar Thailand, Indonesia, Filipina, dan Vietnam, negara-negara yang dengan cepat mengadopsi peralihan ke listrik.

Selain memanfaatkan jaringan besar BYD di berbagai pasar, pembicaraan dilaporkan sedang dilakukan untuk memasukkan teknologi baterai BYD ke dalam motor listrik Scorpio.

Penggunaan teknologi yang telah teruji dari produsen baterai terpercaya tidak hanya akan memastikan kinerja dan efisiensi yang andal buat motor listrik.

Baca juga: Bukan RF Lagi, Ini Kode Pelat Nomor Dewa yang Baru

Namun juga membangun kepercayaan di antara konsumen yang ingin mencoba kendaraan ramah lingkungan.

Untuk menyederhanakan seluruh proses, Scorpio telah mendirikan kantor pusat di Shenzhen, Tiongkok, tempat yang sama dengan kantor pusat BYD. Langkah ini dilakukan guna melakukan pengendalian kualitas terhadap hasil produksi.

Bisa dibilang kerja sama yang dilakukan Scorpio merupakan langkah cerdas, apalagi Singapura hampir tidak memiliki industri otomotif.

Baca juga: Imajinasi Tampilan Toyota Calya Versi GR

Motor listrik asal Singapura, Scorpio X1Dok. iMotorbike Motor listrik asal Singapura, Scorpio X1

 

Karena tingginya biaya kepemilikan kendaraan dan sistem transportasi umum yang sangat efisien di negara tersebut.

Saat ini, Scorpio X1 jadi satu-satunya model yang hampir mencapai tahap produksi. Dibuat untuk segmen premium, motor listrik ini dibekali dinamo 10 kW yang mampu mencapai kecepatan maksimal 65 mil per jam atau setara 104 Km per jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com