Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Scorpio Electric X Model, Calon Skuter Listrik dari Negara Tetangga

Kompas.com - 18/01/2021, 12:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia sudah memiliki beberapa sepeda motor listrik karya anak bangsa. Belum lama ini, negara tetangga juga mengeluarkan saingannya dengan menghadirkan Scorpio Electric X Model.

Dilihat dari dimensinya, skuter listrik yang bongsor ini bisa jadi lawan sepadan dari United T1800 atau Gesits Electric. Namun, X Model belum diproduksi secara massal alias masih berupa purwarupa atau prototype.

Baca juga: Komparasi Motor Listrik Gesits dan United T1800

Dikutip dari Bikesrepublic.com, X Model merupakan skuter listrik pertama yang sepenuhnya dibuat secara lokal oleh Singapura. Motor ini rencananya akan dijual ke pasaran tahun ini.

Scorpio Electric X ModelBikesrepublic.com Scorpio Electric X Model

Selain X Model, kabarnya Scorpio Electric juga ke depannya akan menyiapkan beberapa model menarik lainnya. X Model sendiri dibangun dari tiga unsur utama, yakni desain, teknologi, dan performa.

Sayangnya, tidak banyak detail yang diungkap dari motor listrik ini. Tapi, Scorpio Electric berencana untuk mengembangkan X Model agar dapat menembus top speed 100 kilometer per jam dengan jangkauan hingga 200 km dalam kondisi baterai penuh.

Baca juga: Begini Rasanya Tunggangi Motor Listrik Rakitan Indonesia, United T1800

"Masa depan adalah elektrik. Kami percaya kami bisa membuat perubahan dengan mengantarkan era baru cara transportasi yang lebih bersih dan lebih efisien," ujar Melvin Goh, Chief Executive Scorpio Electric.

Scorpio Electric X ModelBikesrepublic.com Scorpio Electric X Model

Keunggulan lain dari X Model termasuk konektivitas pintar melalui platform aplikasi selulernya, yang dapat membantu sistem keamanan, seperti lokasi parkir terakhir motor. Selain itu, sistem pada motor juga dapat mengoptimalkan efisiensi pengoperasian berkendara dengan belajar dari perjalanan harian pengendara. Motor ini bahkan disebut dapat memperingatkan pengguna untuk setiap potensi kesalahan sebelum itu terjadi.

Spesifikasi lain juga dapat terlihat dari penggunaan suspensi depan upside down, sistem pencahayaan LED, pelek racing, rem cakram, dan lainnya.

Scorpio Electric X ModelBikesrepublic.com Scorpio Electric X Model

Belum diketahui berapa banderol X Model nantinya. Tapi, jika harganya cukup kompetitif, bukan tidak mungkin skuter listrik ini akan masuk ke negara tetangga lainnya, seperti Malaysia, Thailand, dan Indonesia tentunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com