Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Mesin Diesel 1GD pada Toyota Fortuner Tetradrive

Kompas.com - 30/01/2024, 10:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Motor Corporation (TMC) melaporkan bahwa terdapat tiga mesin hasil produksi Toyota Industries Corporation (TICO) yang terindikasi terlibat dalam penyimpangan sertifikasi.

Salah satu produk tersebut ialah mesin 1GD yang digunakan ke model Fortuner hasil produksi Toyota Thailand, Indonesia, dan India. Khusus di Tanah Air, produksinya melalui PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

"Fortuner yang dijual pada Mei 2020, produksi Toyota Motor Thailand Co Ltd., PT TMMIN, dan Toyota Kirloskar Motor Private Ltd. (India)," tulis pernyataan resmi TMC terkait model kendaraan yang terindikasi skandal, Senin (29/1/2024).

Baca juga: Simak Harga Xpander Bekas Jelang Peluncuran Varian Hybrid

Mesin Diesel Toyota Fortuner 2.8LTAM Mesin Diesel Toyota Fortuner 2.8L

Menanggapi pengumuman itu, Wakil Presiden Direktur TMMIN Bob Azam menyatakan bila Fortuner yang dijual di Indonesia aman. Hanya sebagian kecil dari pasar ekspor saja yang terkena dampaknya.

"Isu ini tidak berdampak pada model kendaraan Toyota di Indonesia. Hal tersebut berkaitan dengan prosedur sertifikasi di Jepang saja, tidak ada pengaruh kualitas, keamanan mesin, serta emisi yang dihasilkan," katanya kepada Kompas.com, Senin.

"Domestik tidak terdampak, hanya sebagian kecil ekspor," lanjut Bob.

Mesin 1GD yang masuk daftar Toyota, punya spesifikasi 2.755 cc dengan 4 silinder segaris dengan 4 katup. Mesin juga dilengkapi Turbodiesel VNT Intercooler.

Baca juga: Toyota Laporkan ada Penyimpangan Mesin Diesel

Capaian Ekspor Toyota Motor Manufacturing IndonesiaDOK. TMMIN Capaian Ekspor Toyota Motor Manufacturing Indonesia

Dapur pacu tersebut disematkan ke Fortuner GR Sport 2.8 VRZ 4x4 Tetradrive, yang resmi diluncurkan di pasar dalam negeri pada 13 Januari 2022.

Mesin yang satu basis dengan HiAce Premio ini mampu menghembuskan tenaga sebesar 201 dk pada rentang 3.000-4.000 RPM. Untuk torsinya, diklaim tembus 500 Nm di rentang 1.600 hingga 2.800 RPM.

Menariknya, mesin dikawinkan dengan transmisi otomatis 6 percepatan yang cekatan. Sehingga penyaluran tenaga ke empat rodanya responsif dan memberikan kesan berkendara yang tanpa kesukaran.

Ketika redaksi melakukan test drive beberapa waktu lalu, Fortuner baru tersebut benar-benar agresif, jauh berbeda dibanding mesin sebelumnya yang berkode 2GD dengan kapasitas 2.400 cc.

Baca juga: Skandal Sertifikasi Mesin Diesel, Ekspor Toyota Indonesia Tetap Aman

New Fortuner 2.8 GR Sport Kompas.com/ApridaMegaNanda New Fortuner 2.8 GR Sport

Karakter tenaga khas mesin diesel besar yang linear namun 'nonjok' membuat mobil ini terasa digdaya. Apalagi dengan adanya turbo, tenaga yang dihasilkan mampu tersalurkan dengan baik.

Saat ini, produk dimaksud dipasarkan oleh Toyota Indonesia mulai dari Rp 621,7 juta untuk varian 4x2 sampai paling mahal Rp 730,8 dengan penggerak 4x4 (spot order).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com