Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marc Marquez Pertama Kali Latihan Pakai Ducati Panigale V4 R

Kompas.com - 30/01/2024, 07:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum pindah ke tim satelit Ducati, Gresini Racing, Marc Marquez selalu latihan di sirkuit menggunakan Honda RC213V-S. Untuk musim ini, Marc latihan menggunakan Ducati Panigale V4 R.

Dikutip dari Crash.net, Selasa (30/1/2024), Marc menjalani sesi latihan bersama pebalap MotoGP lainnya di Sirkuit Portimao, Portugal. Sesi latihan ini juga bersamaan dengan para pebalap World Superbike (WorldSBK).

Baca juga: Alasan Marquez Tampil Kalem Saat Pertama Coba Ducati

Untuk latihan privat, para pebalap MotoGP tidak diperkenankan menggunakan motor MotoGP, seperti Yamaha YZR-M1, Honda RC213V, Ducati Desmosedici GP23 dan GP24, KTM RC16, dan Aprilia, RS-GP.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Gresini Racing (@gresiniracing)

Untuk mensiasatinya, para pebalap menggunakan motor yang digunakan untuk WorldSBK. Sebab, latihan ini hanya untuk mempersiapkan fisik dan mengasah insting di atas motor.

Marc yang sudah bergabung dengan Ducati menggunakan Panigale V4 R. Motor ini dibekali dengan mesin 955 cc, Desmodromic, 4 valves per cylinder, 4-stroke L-twin 90°, dengan diameter x langkah 100 mm x 60,8 mm, dan sistem pendingin cairan.

Baca juga: Marquez Bertekad Kalahkan Bagnaia dan Martin di MotoGP 2024

Mesin itu bisa menghasilkan tenaga maksimal 240,5 Tk pada 16.500 rpm. Kecepatan maksimum yang bisa diraih adalah 270 kilometer per jam. Motor ini memakai transmisi manual 6-percepatan.

Jelang MotoGP 2024, Marc Marquez latihan menggunakan Ducati Panigale V4 RDok. Gresini Racing Jelang MotoGP 2024, Marc Marquez latihan menggunakan Ducati Panigale V4 R

Pada sistem pengereman, Ducati membekali V4 R dengan rem depan Brembo radial Kalipers, berukuran 320 mm semi-floating discs, serta sistem pengereman belakang radial Kaliper, dengan ukuran one 245 mm.

Profil ban yang dipakai, untuk depan Pirelli Diablo Rosso Corsa II 120/70-R17, sedangkan belakang Pirelli Diablo Rosso Corsa II 180/60-R17. Untuk urusan suspensi, Panigale V4 R memakai Showa upside-down fork berukuran 43 mm, dan single-side aluminium swingarm with Sachs shock absorber.

Marc dan para pebalap MotoGP lainnya menjalani tes selama dua hari, pada 29-30 Januari 2024. Setelah itu, semua pebalap akan mengikuti sesi tes pra-musim yang akan dimulai pada 6-8 Februari 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com