Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Marquez Tampil Kalem Saat Pertama Coba Ducati

Kompas.com - 24/01/2024, 07:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez tampil kalem saat pertama mencoba Ducati pada sesi tes Valencia akhir musim lalu. Ternyata, ada yang tak biasa dia alami di Ducati dibanding saat bersama Honda.

Meski tidak tampil agresif pada momen pertamanya menjajal Desmosedici GP23, tapi Marquez mampu mencatatkan waktu yang cukup baik. Tidak butuh waktu lama baginya untuk beradaptasi dengan motor balap Ducati.

Baca juga: Marquez Bertekad Kalahkan Bagnaia dan Martin di MotoGP 2024

Namun, pemandangan tak biasa dia rasakan saat sesi tes bersama Gresini Racing. Pada sesi tes tersebut, Marquez hanya memiliki satu motor.

Ekspresi Marc Marquez usai mencoba Ducati Desmosedici GP23 untuk pertama kalinyaDok. MotoGP Ekspresi Marc Marquez usai mencoba Ducati Desmosedici GP23 untuk pertama kalinya

"Normal bagi saya untuk memiliki empat motor di garasi saat sesi tes. Kali ini, hanya ada satu motor, itulah mengapa saya lebih kalem. Jadi, saya melakukannya dengan lebih rileks dan selangkah demi selangkah," ujar Marquez, dikutip dari Speedweek.com, Rabu (24/1/2024).

Menurutnya, dengan Ducati, dia harus melakukan pendekatan yang berbeda saat mencatatkan waktu putaran. Caranya menikung juga disebut berbeda antara Honda dengan Ducati.

Baca juga: Ducati Tidak Khawatir Bagnaia Kalah dan Marquez Jadi Juara Dunia

Marc Marquez jajal motor Ducati Desmosedici GP23Foto: PaddockGP Marc Marquez jajal motor Ducati Desmosedici GP23

"Honda juga memiliki kelebihan di beberapa area saat tikungan. Tapi, saya tidak bisa lagi menggunakan kelebihan tersebut, itulah mengapa saya harus berubah. Saya harus belajar bagaimana menggunakan tenaga tambahan dan cengkeraman ban yang lebih baik, yang bisa menguntungkan saya ketika keluar tikungan," kata Marquez.

Marquez mengatakan, saat sesi tes Valencia, dia sangat berhati-hati. Namun, dia belum tahu apakah itu yang akan menjadi gaya balapnya dengan Ducati. Menurut Marquez, dia merasa tidak perlu membalap dengan agresif untuk mencari batasan kemampuan motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com