Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Detik-detik Bus PO Shantika Terjun Bebas di Jalan Tol

Kompas.com - 29/01/2024, 06:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Kecelakaan tunggal bus PO Shantika yang terjun bebas dari atas Tol Pemalang-Batang menjadi kabar menggemparkan, terjadi Minggu, (21/1/2024), sekitar jam 12.30 WIB.

Penyebab kecelakaan yang terjadiaan di ruas Tol Trans Jawa itu hingga saat ini masih belum diketahui. Namun, baru-baru ini beredar cuplikan video dari kamera CCTV di lokasi kejadian. Detik-detik bus terjun bebas terekam pada video yang beredar di media sosial, salah satunya yang diunggah oleh akun tiktok @rohmat.bekti. 

Pada video tersebut, bus PO Shantika nomor polisi K-1736-CB melaju dari arah barat ke timur atau dari arah Jakarta ke Semarang. Tiba-tiba bus oleng ke kiri dan menerabas pembatas jalan tol hingga terjun ke tepi permukiman warga.

Kecelakaan tersebut terjadi di di KM 320+800 Jalur A, Desa Ampelgading, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Pemalang. 

Baca juga: Tanda Transmisi Mobil Matik Bekas Masih Sehat Dilihat dari Oli

Cuplikan video proses evakuasi bus PO ShantikaKabid Humas Polda Jateng Cuplikan video proses evakuasi bus PO Shantika

Ahmad Wildan, Senior Investigator KNKT turut mengomentari cuplikan video dari kejadian yang merenggut dua nyawa korban tersebut. Menurutnya, gerakan bus tampak mencurigakan seperti sengaja untuk terjun dari jalan tol. 

"Kok seperti sengaja menyeburkan diri ke jurang ya? kalau orang ngantuk bukan seperti itu gerakan kendaraannya," kata Wildan kepada Kompas.com, Minggu (29/1/2024). 

Sayangnya, terkait apakah pihak KNKT saat ini sudah melakukan proses investigasi atau belum terkait kecelakaan tersebut, Wildan tidak memberikan jawaban. 

@rohmat.bekti CCTV Kecelakaan Bus Shantika di KM 320 Pemalang #fyp #bus #viral #newshantika #shantika #bismania #trending #fyp? ? Lepas Semua Yang Ku Inginkan - ADENOV

Baca juga: Pilihan Skutik 150 cc Bekas, Harga mulai Rp 9 Jutaan

Sebelumnya, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Jateng, Kombes Pol. Stefanus Satake Bayu Setianto mengatakan, sopir yang mengendarai bus nahas tersebut masih belum bisa dimintai keterangan cerita lebih lengkap, karena sedang dalam perawatan.

"Tim Traffic Accident Analysis (TAA) tadi ke TKP. Sopir belum bisa dimintai keterangan karena masih sakit atau perawatan," kata Satake kepada Kompas.com beberapa hari lalu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com