Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Alasan Berkendara Mobil Matik Jangan Sering Kickdown | Cara Memastikan Kondisi Transmisi Mobil Matik Bekas Masih Prima

Kompas.com - 25/01/2024, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil matik diciptakan untuk mempermudah kerja pengemudi. Sebab dengan adanya transmisi otomatis pengemudi tak perlu banyak melakukan perpindahan gigi apalagi menginjak kopling.

Kerja kopling dan perpindahan gigi sudah diatur sedemikian rupa secara otomatis oleh transmisi matik. 

Namun, mengendarai mobil matik tidak bisa sembarangan. Kesalahan pengemudi matik ialah menekan pedal gas secara serampangan sehingga transmisi matik bekerja keras.

Selain itu, harga mobil matik bekas umumnya lebih mahal daripada yang manual dengan jenis, tipe dan tahun produksi yang sama. Hal ini berkaitan dengan kenyamanan serta kemudahannya dalam pegoperasian.

Keunggulan tersebut tentu harus dibayar dengan perawatan lebih mahal. Begitu juga ketika terjadi masalah maka perbaikannya cenderung membutuhkan biaya lebih tinggi.

Lantas, penting untuk mengetahui atau memastikan transmisi mobil matik bekas dalam kondisi prima agar kelak setelah pembelian tidak perlu melakukan perbaikan transmisi.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Selasa, 24 Januari 2024 :

 

1. Alasan Berkendara Mobil Matik Jangan Sering Kickdown

Rem mobil matikStanly/Otomania Rem mobil matik

Rivey, dari bengkel spesialis mobil matik, Automatic 88 di Raden Inten, Jakarta Timur, mengatakan, cara paling mudah merusak transmisi matik tapi kerap dilakukan ialah sering melakukan kickdown.

"Banyak orang yang terlalu sering kickdown, gas dibejek-bejek terus. Paling penting saat di matik itu ialah mengurut gas," ujar Rivey kepada Kompas.com, akhir pekan lalu.

Baca juga: Alasan Berkendara Mobil Matik Jangan Sering Kickdown

2. Cara Memastikan Kondisi Transmisi Mobil Matik Bekas Masih Prima

Hati-hati membeli mobil matik bekas, pastikan transmisinya prima Kompas.com/Erwin Setiawan Hati-hati membeli mobil matik bekas, pastikan transmisinya prima

Hasan Ariyanto, Pemilik Mandiri Auto Klaten mengatakan ada tips ringan untuk memastikan kondisi transmisi matik pada mobil bekas masih prima atau tidak.

“Lebih akurat jika dilakukan scanning, tapi tidak semua orang bisa kan, jadi pakai tips ringan bisa saja sebenarnya yakni dengan menghitung jeda waktu pertautan transmisi saat memindahkan tuas dari N ke D atau R,” ucap Hasan kepada Kompas.com, Selasa (23/1/2024). 

Baca juga: Cara Memastikan Kondisi Transmisi Mobil Matik Bekas Masih Prima

3. Belum Resmi Meluncur, SPK Suzuki Jimny 5 Pintu Sudah Mengular

Suzuki Jimny 5-pintuinstagram.com/tommyachmad_28 Suzuki Jimny 5-pintu

Kehadiran Suzuki Jimny 5 pintu masuk ke pasar dalam negeri tidak butuh waktu lama lagi. Sebab, kendati belum resmi diluncurkan, jaringan resmi Suzuki yang sudah membuka pemesanan awal atas SUV ikonik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com