Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Shockbreaker Motor Pakai Tabung, Dipotong Enggak Ada Isinya

Kompas.com - 24/01/2024, 15:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar video orang yang membelah shockbreaker motor aftermarket yang pakai tabung. Video tersebut diunggah akun 14timothy di Instagram, saat terbelah, tidak ada apa-apa di tengahnya.

"Menghilangkan penasaran. Siapa yang di sini penasaran juga?" tulis keterangan di video tersebut, dikutip Kompas.com, Rabu (24/1/2024).

Cuma, pada video tersebut, suspensi warna kuning yang diduga Ohlins sudah jelas palsu. Redaksi sudah mengonfirmasi ke Teknisi Ohlins, Zulfaisal kalau yang ada di video tersebut adalah KW atau bukan asli.

Baca juga: Kenali Tanda Shockbreaker Mobil yang Bermasalah

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by 14TMTHY (@14timothy)

 

Pria yang akrab disapa Izul ini menjelaskan, tabung yang biasanya ada di shockbreaker ini jadi tempat buat oli dan gas. Pada bagian besi yang menyambung ke shockbreaker, ada katup yang mengatur empuk-keras pantulannya.

"Ohlins yang memakai tabung, oli yang ada di dalam (suspensi). Ada klik (setelan) yang mengatur katup," kata Izul kepada Kompas.com, Rabu (24/1/2024).

Baca juga: BYD Targetkan Bangun 50 Jaringan Diler Tahun Ini


Kemudian di bagian tabung, ada pemisah antara oli dan gas. Jadi saat disetel keras maka semua oli yang ada di tabung dipindah ke suspensi, jadi ada salurannya.

Berbeda dengan yang palsu tadi, ketika dipotong malah tidak ada apa-apa. Jadi kalau beli yang asli, ada tabung dan setelannya benar-benar berfungsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com