Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Catat Penjualan Motor 12.545 Unit pada 2023

Kompas.com - 24/01/2024, 09:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada sepanjang Januari-Desember 2023, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencatat penjualan roda dua hanya belasan ribu unit.

Zulfikar Rafi Al Ghany, Head of Public Relations Strategic Planning Department PT SIS, mengatakan, perusahaan saat ini sedang gencar mempromosikan produk roda dua dengan desain ringkas dan lebih rendah emisi.

“Penjualan ritel roda dua Suzuki pada 2023 secara keseluruhan ditutup dengan 12.545 unit,” ujar Ghany di Jakarta, Selasa (23/1/2024).

Baca juga: Bikin Honda Win 100 Inden 3 Bulan, Harga mulai Rp 13 Jutaan

Suzuki V-Strom SX 250KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Suzuki V-Strom SX 250

Artinya, pada tahun lalu Suzuki meraih pangsa pasar 0,2 persen. Angkanya terbilang kecil dibandingkan total penjualan motor seperti yang diungkap Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) sebanyak 6.236.992 unit.

Untuk diketahui, perolehan ini meningkat 19,44 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu atau secara tahunan (year on year/yoy) sebanyak 5.221.470 unit.

Secara lebih rinci, motor skutik masih mendominasi penjualan pada tahun 2023 dengan komposisi 89,73 persen terhadap penjualan domestik.

Baca juga: Klaim Kelebihan Baterai LFP yang Dipakai Mobil Listrik BYD

Angka ini bahkan naik dari perolehan pada tahun lalu sebanyak 87,94 persen. Atau dengan kata lain, saat ini penjualan skutik di Indonesia telah menembus angka 5.596.452 juta unit per tahun.

“Kami melihat ada satu yang menarik, ternyata untuk konsumen sepeda motor Suzuki di tahun 2023 itu mengalami shifting atau pergeseran tren. Penjualan ritel sepeda motor didominasi oleh bertranmisi otomatis atau skutik di mana mendominasi 61 persen dari total penjualan sepanjang tahun lalu,” ucap Ghany.

“Dan dari seluruh penjualan motor matik Suzuki itu mendukung produk yang ramah lingkungan karena konsistensi penyediaan mesin yang compact ada di kategori 115 cc dan 125 cc. Hal itu juga dipadukan dengan Suzuki Eco Performance dan rancang bangun dengan rangka yang ringan namun kokoh,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com