Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Satria F150 atau GSX Series, Ini Motor Terlaris Suzuki

Kompas.com - 21/01/2024, 18:00 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Penjualan motor di Indonesia sepanjang Januari-Desember 2023 berhasil membukukan 6.236.992 unit. Perolehan ini meningkat 19,44 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu atau secara tahunan (year on year/yoy) sebanyak 5.221.470 unit.

Secara lebih rinci, motor skutik masih mendominasi penjualan pada tahun 2023 dengan komposisi 89,73 persen terhadap penjualan domestik.

Angka ini bahkan naik dari perolehan pada tahun lalu sebanyak 87,94 persen. Atau dengan kata lain, saat ini penjualan skutik di Indonesia telah menembus angka 5.596.452 juta unit per tahun.

Baca juga: Video Viral, Mobil Diesel Diisi Bensin Oktan Tinggi untuk Campuran

Booth Suzuki Indomobil Sales (SIS) divisi roda dua di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.Kompas.com/Alsadad Rudi Booth Suzuki Indomobil Sales (SIS) divisi roda dua di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.

Sebagai salah satu produsen roda dua di dalam negeri, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) turut merasakan peningkatan penjualan skutik.

“Produknya Suzuki mayoritas sport. Tapi tahun lalu itu permintaan yang cukup besar di skutik,” ujar Teuku Agha, 2W Sales & Marketing Department Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), kepada Kompas.com (19/1/2024).

“Paling laris Suzuki Nex, yaitu Nex Series (Nex II dan Nex Crossover), bisa 50 persen. Sport itu cuma 30 persen,” kata dia.

Baca juga: Bolehkah Menegur Seseorang yang Berkendara Sambil Merokok?

Seperti diketahui, merek Suzuki dari awal memang diketahui banyak meluncurkan motor-motor beraliran sport. Seperti Suzuki Satria F150 FI ataupun Suzuki GSX Series, yang terdiri dari GSX S-150 dan GSX-R150.

Namun meningkatnya penjualan skutik pada tahun lalu, membuat merek Suzuki tak lagi identik dengan motor-motor sport.

“Tahun lalu sebenarnya (penjualan) kita enggak bertambah, karena kondisi marketnya berubah. Sementara Suzuki yang kita ketahui kan bahwa 50 persen itu pasarnya motor sport, atau motor kopling,” ucap Agha.

“Sedangkan pasar Indonesia itu kan orang lebih suka yang matik, karena lebih praktis. Jadi pergeserannya sekarang sudah terasa di Suzuki,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com