Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Siapkan Produk Baru Tahun Ini, Ada Motor Listrik

Kompas.com - 18/01/2024, 09:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Memasuki tahun 2024, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) langsung bergerak aktif untuk memulai pengiriman Suzuki Burgman Street 125 EX yang meluncur di IMOS 2023.

Selain itu, Suzuki kabarnya juga sudah siap untuk peluncuran motor baru pada tahun ini. Meski begitu, sampai sekarang kisi-kisi calon produk baru Suzuki belum diketahui.

“Produk baru rencana ada, tunggu saja, pasti akan kami informasikan mendekati launching,” ujar Teuku Agha, 2W Sales & Marketing Department Head PT SIS, kepada Kompas.com (16/1/2024).

Baca juga: Order Suzuki Burgman Street 125 EX Tembus 1.300 Unit

Battery pack yang dipakai Suzuki e-Burgman sama dengan yang dipakai motor listrik Honda.KOMPAS.com/Agung Kurniawan Battery pack yang dipakai Suzuki e-Burgman sama dengan yang dipakai motor listrik Honda.

Pabrikan berlogo ‘S’ bahkan juga sudah punya rencana mengenalkan motor listrik. Terlebih dari 5 anggota AISI, sudah ada Honda dan Kawasaki yang lebih dulu memasarkan motor listrik.

Dan kehadiran motor listrik pada tahun ini rasanya jadi sesuatu yang sangat berarti, karena pemerintah juga tengah memberikan insentif sebesar Rp 7 juta buat motor listrik dengan kandungan TKDN minimal 40 persen.

“Ada (motor listrik), nanti diumumkan kalau sudah dekat ya,” kata Agha.

Baca juga: Suzuki Jimny 5-Pintu Sudah Mendarat di Indonesia

Sebelumnya di Japan Mobility Show (JMS) 2023, Suzuki Motor Corporation telah memajang e-Burgman, motor listrik yang siap dipasarkan dalam waktu dekat.

Menariknya, motor listrik ini mengusung Mobile Power Pack e:, teknologi swap baterai yang juga dipakai oleh Honda EM1 e:.

Melihat tampilannya, Suzuki e-Burgman mirip dengan Burgman Street 125 EX. Namun perbedaan keduanya terletak dari sisi dapur pacu.

Baca juga: Honda Freed Gagal Nanjak di Sikarim-Sikunir Dieng, Hampir Masuk Jurang

Sistem baterai yang digunakan pada Suzuki e-Burgman sama dengan yang dipakai Honda.KOMPAS.com/Agung Kurniawan Sistem baterai yang digunakan pada Suzuki e-Burgman sama dengan yang dipakai Honda.

Tenaga yang dihasilkan dari dinamo motor listrik e-Burgman sebesar 0,98 kW sampai 4 kW (peak) atau setara 1,3 Tk sampai 5,3 Tk.

Torsinya ada di angka 18 Nm dan punya jarak tempuh 44 Km kalau dikendarai konstan pada kecepatan 60 Kpj.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com