Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Estimasi Biaya Perbaikan Motor Kipas Radiator Mobil mulai Rp 120.000

Kompas.com - 01/01/2024, 12:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

GUNUNG KIDUL, KOMPAS.com - Beberapa jenis mobil sudah dibekali motor sebagai penggerak kipas radiator, tidak lagi mengandalkan putaran mesin.

Dengan demikian, beban mesin menjadi lebih ringan namun konsekuensinya motor memiliki masa pakai terbatas, pada waktunya akan tidak bisa berputar kembali dan harus diganti.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Senin (1/1/2024) motor kipas radiator aftermarket bermerek mulai Rp 400.000 - Rp 600.000. Harga onderdil genuine dari diler akan berbeda lagi.

Baca juga: Pilih Mana Ganti Motor Fan OEM atau Memperbaikinya?

Lamborghini Aventador alami overheat di Jalan Panjang Arteri, Sabtu (14/1/2023)INSTAGRAM/IINU3312 Lamborghini Aventador alami overheat di Jalan Panjang Arteri, Sabtu (14/1/2023)

Elin Estanto, Pemilik GK Auto Service Gunung Kidul mengatakan motor kipas radiator sebenarnya bisa diperbaiki dengan cara membongkarnya, jadi jika sudah mati tidak melulu harus ganti baru.

“Kami sebagai bengkel di Gunung Kidul dituntut untuk memberikan pilihan kepada masyarakat, sehingga layanan yang ditawarkan bisa menjadi solusi terbaik dari segi kualitas tapi juga terjangkau tarifnya,” ucap Elin kepada Kompas.com, Senin (1/1/2024).

Motor kipas radiator memiliki penyakit umum yakni macet atau tidak mau berputar, bisa juga putarannya lebih lambat dari yang seharusnya atau salah satu level percepatannya mati.

Baca juga: Kenali Risiko Matikan Mesin Mobil saat Kipas Radiator Masih Menyala

Motor kipas radiator untuk Nissan March banyak dijumpai di pasaranTangkapan layar Motor kipas radiator untuk Nissan March banyak dijumpai di pasaran

“Motor kipas radiator kan memiliki percepatan, biasanya level low, mid dan high, sehingga pertama kali menyala kipas tidak langsung kencang melainkan bertahap dari pelan dulu, nah level percepatan ini bisa rusak salah satu,” ucap Elin.

Ketika putaran kipas radiator tidak optimal atau ada bagian percepatan yang bermasalah, maka pendinginan coolant menjadi tidak maksimal akibatnya mesin mudah mengalami panas berlebih.

“Daripada langsung diganti, motor ini bisa dibongkar untuk diperbaiki, biasanya hanya karena kotor sehingga setelah dibersihkan bisa normal kembali, bisa juga brush sudah aus, ini bisa diganti secara parsial,” ucap Elin.

Baca juga: Kipas Radiator Rusak Sering Jadi Penyebab Mesin Mobil Overheat

Elin mengatakan tarif perbaikan motor kipas radiator mulai Rp 100.000, jika ada penggantian komponen seperti brush ada tambahan Rp 20.000, jadi dengan Rp 120.000 an sudah bisa mencegah terjadinya overheat pada mesin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com