Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilik Mobil Wajib Tahu Tanda Kipas Radiator Mulai Melemah

Kompas.com - 09/05/2023, 19:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Putaran kipas radiator seharusnya bisa berubah-ubah kecepatannya sesuai dengan kebutuhan. Secara umum, kecepatan kipas bisa berputar pelan, sedang dan kencang.

Mengingat kebutuhan mesin atau pun AC mobil selalu berubah, maka kipas radiator dituntut mampu memenuhi semuanya, sehingga kipas yang tidak mampu berputar dengan kencang bisa dikatakan sudah lemah.

Lantas, apa tanda kipas radiator sudah melemah?

Baca juga: Tidak Wajar, Kipas Radiator Langsung Berputar Saat Kunci Kontak Menyala

Kipas RadiatorKompas Kipas Radiator

Pemilik Aha Motor Yogyakarta Hardi Wibowo mengatakan, kipas radiator yang sudah lemah ditandai dengan beberapa gejala dan bisa memeriksanya langsung.

“Kipas radiator yang lemah bisa ditandai dengan menurunnya performa AC mobil, embusan angin menjadi tidak sejuk seperti biasanya, gejala ini berkaitan dengan freon di area kondensor yang tidak dapat didinginkan dengan optimal,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Selasa (9/5/2023).

Hardi mengatakan ketika sistem AC ada yang bermasalah, maka sudah pasti performanya akan menurun. Salah satu penyebabnya adalah kipas radiator yang lemah.

Baca juga: Kipas Radiator Mobil Baru Berputar Bila AC Aktif, Amankah?

Selain AC, mesin juga akan mengalami kenaikan suhu tidak seperti biasanya. Bila biasanya air radiator bisa didinginkan lebih cepat, maka ketika kipas radiator lemah maka suhu mesin akan lebih lama turun.

“Bahkan terkadang ketika kondisi tertentu, seperti macet suhu dapur pacu bisa mengalami overheat, namun ketika mobil melaju suhu akan normal karena ada embusan angin dari arah depan mobil,” ucap Hardi.

Pengguna mobil juga bisa melihat putaran kipas radiator secara langsung, menurut Hardi. Caranya dengan menyalakan AC pada posisi maksimal, dan perhatikan putaran kipas seharusnya sangat kencang.

Baca juga: Jangan Tunggu Overheat, Ini Ciri-ciri Kipas Radiator Lemah

“Bila kipas berputar lebih pelan daripada biasanya, bisa didengarkan suara atau merasakan embusan angin dengan kertas, maka bisa jadi putaran kipas sudah melemah,” ucap Hardi.

Dengan demikian sebaiknya mobil segera dibawa ke bengkel untuk mendapatkan pemeriksaan lebih akurat terkait kipas yang lemah. Biasanya pihak bengkel memiliki alat khusus, atau scanner yang bisa memantau putaran kipas radiator berdasarkan perbandingan status kecepatan pada sistem dengan sesungguhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com