Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan Tesla Cybertruck Pertama di Dunia, Ditabrak Corolla

Kompas.com - 30/12/2023, 17:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tesla Cybretruck atau pikap listrik pertamanya Tesla akhirnya sudah diterima konsumen. Tapi, baru berapa bulan ada di jalanan, pikap dengan desain futuristis ini sudah ada yang terlibat kecelakaan.

Foto Cybertruck yang terlibat tabrakan ini diunggah akun Supercar.fails di Instagram. Terlihat pikap besar itu ada di tengah jalan dengan airbag di bagian pilar sudah keluar, sepertinya tabrakan adu banteng.

Sedangkan pada foto kedua, tampak Toyota Corolla yang menabrak Cybertruck. Kerusakannya kelihatan lebih parah, terutama bagian kiri depan dan kap mesin yang sampai terangkat.

Baca juga: Pikap Listrik Tesla Cybertruck Bisa Jadi Kendaraan Amfibi

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Supercar Fails (@supercar.fails)

 

Berdasarkan keterangan, kecelakaan terjadi di Highway 35 dekat San Francisco, 28 Desember 2023. Cybertruck yang sedang jalan ditabrak Corolla yang hilang kendali karena sempat keluar dari aspal.

Pengemudi Tesla diungkapkan mengalami cedera ringan setelah tabrakan. Selain itu, Cybertruck juga kelihatannya sedang tidak memakai mode autonomous, investigasi masih terus dilanjutkan.

Tampaknya, ini adalah kecelakaan Cybertruck pertama yang terjadi setelah peluncuran. Pikap ini sudah diperkenalkan sejak 2019 namun baru dikirim ke konsumennya awal Desember 2023.

Baca juga: Update Jumlah SPKLU dan Daftar Lokasinya Sepanjang 2023


Tesla menawarkan Cybertruck dengan motor listrik tunggal, ganda, dan tiga motor listrik. Motor listrik tunggal dengan sistem penggerak roda belakang memiliki jarak tempuh 402 km. Kemampuan akselerasinya untuk 0-96 kilometer per jam, dapat diraih dalam 6,5 detik.

Sedangkan untuk sistem penggerak semua roda, tenaganya mencapai 600 Tk dan memiliki jarak tempuh hingga 547 km. Kemampuan akselerasinya untuk 0-96 kilometer per jam dapat dicapai dalam 4,1 detik.

Kecepatan puncak Cybertruck bisa mencapai 180 Kpj. Kemampuan untuk menarik hingga 4.989 kg dan dapat mengangkut beban hingga 1.1 ton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com