Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Top Up Saldo e-Toll Bisa Pakai Ponsel, Begini Caranya

Kompas.com - 30/12/2023, 18:01 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengimbau pengendara yang hendak memulai perjalanan arus balik kembali ke Jabotabek pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) untuk memastikan kecukupan saldo uang elektronik (e-toll).

Imbauan ini disampaikan berkenaan dengan banyaknya kasus pengendara yang terkendala saldo e-toll habis dan kesulitan melintas. Situasi ini dianggap dapat cukup menghambat arus lalu lintas.

Berdasarkan informasi yang dibagikan pihak Jasa Marga, terdapat 28.047 kendaraan dengan saldo kurang pada periode H-7 sampai H+2 arus mudik Natal 2023 sebelumnya atau pada periode 18-28 Desember 2023.

Baca juga: Pengendara Motor Tertimpa Baliho Caleg, Bisa Melapor ke Polisi

Cara cek saldo e-toll dengan mudah melalui HP, ATM, atau panggilan dial. Dok. Stanly/KompasOtomotif Cara cek saldo e-toll dengan mudah melalui HP, ATM, atau panggilan dial.

Untuk menghindari situasi merepotkan semacam ini, pengendara dianjurkan untuk mempersiapkan dan memastikan saldo kartu e-toll berjumlah cukup. Satu langkah yang bisa dilakukan yakni top-up di minimarket terdekat.

Akan tetapi, kasus kelupaan bisa saja terjadi dan pengendara sudah terlanjur masuk ke dalam jalan tol dengan saldo e-toll kurang.

Menyiasati hal ini, pengendara dapat memanfatkan teknologi di dalam ponsel pintar (Smartphone) untuk mengisi saldo e-toll.

Prosesnya juga cukup mudah dan bisa dilakukan dengan menggunakan fitur Near Field Communication (NFC), yang saat ini sudah ada di semua ponsel.

Baca juga: Ada Rekayasa Lalu Lintas Untuk Arus Balik Libur Tahun Baru 2024

Ilustrasi cara cek saldo e-toll lewat aplikasi Tokopedia.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara cek saldo e-toll lewat aplikasi Tokopedia.

Berikut cara mengisi saldo e-toll menggunakan ponsel :

1. Buka menu ’Settings’ di ponsel, tulis keyword ‘NFC’ di menu pencarian dan aktifkan

2. Selanjutnya, pergi ke aplikasi dompet digital atau marketplace yang ada

3. Pilih menu ’Top Up Tagihan’ di layar utama. Menu ini selalu sama di semua dompet digital atau marketplace

4. Masukkan nomor seri yang tertulis di bagian belakang kartu elektronik kemudian pilih nominal pengisian dan bayar

5. Setelah melakukan pembayaran, tempelkan kartu di bagian NFC ponsel (biasanya di bawah kamera belakang) untuk meng-update saldo

6. Saldo sudah terisi dan e-toll bisa digunakan

Baca juga: Jasa Marga Tutup Lajur Contraflow di Tol Jakarta-Cikampek

Pemerintah akan mengganti sistem pembayaran jalan tol dari uang elektronik atau biasa dikenal e-toll menjadi sistem tanpa sentuh Multi Lane Free Flow (MLFF). Dokumentasi Jasa Marga Pemerintah akan mengganti sistem pembayaran jalan tol dari uang elektronik atau biasa dikenal e-toll menjadi sistem tanpa sentuh Multi Lane Free Flow (MLFF).

Sebagai informasi, pihak Jasa Marga telah memberikan estimasi saldo yang dibutuhkan pengendara saat melakukan arus balik libur Nataru menuju Jakarta.

Estimasi saldo yang dibutuhkan adalah Rp 500.000 bagi pengendara dari arah Semarang, dan Rp 800.000 bagi pengendara dari arah Surabaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com