Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Bingung, Ini Cara Mengetahui Posisi Tutup Tangki BBM Mobil

Kompas.com - 29/12/2023, 08:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi yang pergi berlibur akhir tahun menggunakan mobil sewa alias rental, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Paling utama beradaptasi dulu, baik dari posisi duduk saat berkendara yang nyaman sampai urusan soal fitur yang disediakan pada mobil tersebut.

Namun demikian, ada yang lebih penting lagi untuk dipelajari, yakni terkait posisi tutup tangki bahan bakar. Pasalnya, tiap mobil punya lokasi yang berbeda, ada yang di kanan ada juga yang sebelah kiri.

Hal ini terkesan sepele, tapi bila tak dipelajari dari awal akan membuat pengendara merasa bingung.

Baca juga: Catat, 1 Januari 2024 Ganjil Genap Jakarta Ditiadakan

 

Bahkan, tak jarang sampai ada yang turun dari mobil di SPBU untuk mengetahui posisi tutup tangki BBM layaknya pengendara baru.

Lambang segitiga yang jadi petunjuk posisi tutup tangki BBM di mobilKOMPAS.com/STANLY RAVEL Lambang segitiga yang jadi petunjuk posisi tutup tangki BBM di mobil

Padahal, ada cara yang lebih mudah mengetahui posisi tutup tangki BBM, tanpa pengendara harus repot turun dari mobil, yakni dengan melihat pada metercluster.

Lebih tepatnya pada pada indikator bergambar dispenser BBM. Tepat di sebelahnya akan ada lambang anak segitiga seperti anak panah yang menandakan letak dari tutup tangki bahan bakar pada mobil.

"Dengan hanya melihat simbol tersebut pada panel indikator, pengemudi tidak perlu lagi melihat spion atau bahkan sampai turun dari kendaraan untuk memastikan posisinya," kata Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM), beberapa waktu lalu.

Baca juga: Begini Cara Mengurus dan Bayar Tilang Elektronik, Cukup Pakai Ponsel

Bila tanda segitiga atau panah di sebelah dispenser BBM mengarah ke Kanan, artinya posisi tangki BBM mobil ada di sebelah kanan. Demikian juga sebaliknya.

Dengan hanya melihat tanda tersebut, meski pengendara baru pertama kali mengendarai unit mobil yang disewa, tapi sudah bisa mengetahui posisi letak tangki BBM.

Untuk produk jenis gasoline (bensin), Pertamax Turbo disesuaikan menjadi Rp15.450 per liter, dari sebelumnya Rp14.650. Kemudian untuk produk jenis gasoil (diesel) yakni Pertamina Dex mengalami penyesuaian menjadi Rp17.550 per liter dari sebelumnya Rp17.450 per liter sejak penyesuaian harga terakhir dilakukan pada 3 Januari 2023.KOMPAS.COM/HADI MAULANA Untuk produk jenis gasoline (bensin), Pertamax Turbo disesuaikan menjadi Rp15.450 per liter, dari sebelumnya Rp14.650. Kemudian untuk produk jenis gasoil (diesel) yakni Pertamina Dex mengalami penyesuaian menjadi Rp17.550 per liter dari sebelumnya Rp17.450 per liter sejak penyesuaian harga terakhir dilakukan pada 3 Januari 2023.

Terkait soal posisi tuas untuk membuka tutup tangki BBM, biasanya lokasinya juga berbeda-beda tiap mobil. Namun menurut Didi, tak jauh dari area sekitar pengendara.

Letaknya bisa di bagian bawah dekat dengan kaki pengendara, atau bisa juga berdekatan dengan tuas untuk membuka kap mesin mobil.

Baca juga: Benarkah Isi Bensin Full Tank Bikin Konsumsi BBM Mobil Lebih Irit?

Salah satu kondisi SPBU di Batam yang mulai ramai. Rata-rata kendaraan yang melakukan pengisian di SPBU ini hendak melakukan mudik menuju Riau menggunakan jalur laut.KOMPAS.com/Hadi Maulana Salah satu kondisi SPBU di Batam yang mulai ramai. Rata-rata kendaraan yang melakukan pengisian di SPBU ini hendak melakukan mudik menuju Riau menggunakan jalur laut.

“Biasanya tuas tersebut terdapat di bagian kanan bawah kursi pengemudi, kebanyakan tipe mobil sedan dan multi purpose vehicle (MPV) posisi tuas tangkinya bersebelahan atau berdekatan dengan handle untuk membuka kap mesin. Tapi ada juga yang tidak menggunakan tuas karena mekanismenya ada pada tutup bensin (teknikal), biasanya terdapat pada mobil-mobil premium," ujar Didi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com