Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Irit BBM Xpander Diajak Mudik Natal Jakarta-Yogyakarta?

Kompas.com - 28/12/2023, 19:02 WIB
Dio Dananjaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Momentum libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) sering kali dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

Seperti redaksi Kompas.com yang berkesempatan menjajal New Mitsubishi Xpander pada rute Jakarta-Yogyakarta.

Mobil yang bermain di segmen LMPV ini resmi bersolek pada akhir 2021. Dari sisi konsumsi bahan bakar selama perjalanan, rupanya cukup hemat untuk perjalanan jarak jauh.

Baca juga: Subsidi Konversi Motor Listrik Sah Jadi Rp 10 Juta, Simak Ketentuannya

Ilustrasi suasana kabin Mitsubishi Xpander UltimateKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi suasana kabin Mitsubishi Xpander Ultimate

Untuk diketahui, rute yang dilalui adalah Tol Trans-Jawa dengan kondisi ramai lancar saat awal libur Natal, tepatnya pada Jumat, 22 Desember 2023.

Sejak memulai perjalanan di Jakarta, lalu lintas cenderung padat. Kemacetan bahkan terasa dari Tol JORR hingga Tol Cipali.

Namun kepadatan lalu lintas secara berangsur mulai terurai ketika memasuki Cirebon, Brebes, sampai Tegal.

Memasuki Tol Batang-Pekalongan, mobil baru bisa dipacu lebih dari 100 Kpj, dan dari sana jalanan mulai lancar hingga tiba di Yogyakarta.

Baca juga: Daihatsu Terios Tampil Nyentrik Bergaya Street Racing

Test drive Mitsubishi Xpander di rute Jakarta-Yogyakarta menghasilkan 15,6 Km per literKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test drive Mitsubishi Xpander di rute Jakarta-Yogyakarta menghasilkan 15,6 Km per liter

Setelah menempuh rute sejauh 567 Km, dengan kecepatan rata-rata sekitar 49 Kpj, konsumsi BBM Xpander dapat menembus 15,6 Km per liter (kpl) berdasarkan MID.

Redaksi sendiri menggunakan jenis bahan bakar RON 90 selama perjalanan liburan Natal menuju Yogyakarta.

Berdasarkan spesifikasi di atas kertas, New Mitsubishi Xpander mengusung mesin berkode 4A91 1.500 cc MIVEC yang menghasilkan tenaga 105 PS atau setara 103 tk dan torsi 141 Nm, serta dipadu dengan transmisi CVT.

Penyaluran tenaganya halus dan dengan transmisi CVT, jarum RPM lebih sering bergerak santai, hanya di rentang 1.500-2.500 rpm saat melaju di Tol Trans-Jawa.

Baca juga: Casey Stoner Akhirnya Ungkap Alasan Lengkap Hengkang dari MotoGP

Test drive Mitsubishi XpanderKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test drive Mitsubishi Xpander

Bila membutuhkan tenaga lebih buat menyalip kendaraan, tinggal aktifkan fitur ‘overdrive off’ di tuas transmisi, yang seketika membuat gas terasa lebih responsif.

Karakter suspensi yang empuk, membuat pengendara lebih percaya diri ketika melibas jalanan tidak rata. Adanya fitur tilt and telescopic steering turut membuat posisi duduk lebih ergonomis.

Secara keseluruhan, mengendarai New Xpander untuk rute luar kota masih bisa diandalkan. Apalagi mobil ini juga terasa lebih kedap dan punya bantingan suspensi yang empuk dibandingkan rival di kelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com