Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Belajar dari Kecelakaan Avanza, Mobil Kelebihan Muatan Membawa Petaka | Pertolongan Pertama Saat Indikator Engine Check Mobil Menyala

Kompas.com - 27/12/2023, 06:04 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini terjadi kecelakaan maut yang melibatkan satu unit Toyota Avanza dengan nomor polisi BM 1596 LM, di ruas Jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang (Pekbang), Sabtu (23/12/2023).

Peristiwa ini terjadi di Km 33-400 jalur A, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar. Diketahui mobil bergenre low multi purpose vehicle (MPV) tersebut mengangkut 11 orang penumpang, melaju dari arah Pekanbaru menuju Bangkingan.

Selain itu, lampu engine check atau malfunction lamp indicator (MIL) tersedia pada mobil injeksi dengan sistem komputerisasi.

Lampu ini terletak di speedometer agar mudah dilihat oleh pengemudi saat menyala. Lampu ini berwarna kuning dengan simbol atau gambar mesin.

Baca juga: Kejadian Unik, Penumpang Pakai Payung di Kabin Bus Karena Bocor

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Selasa, 26 Desember 2023 :

1. Belajar dari Kecelakaan Avanza, Mobil Kelebihan Muatan Membawa Petaka

Ilustrasi kecelakaan. 
Hans/Pixabay Ilustrasi kecelakaan.

Diduga melaju dengan kecepatan tinggi, mobil tiba-tiba mengalami pecah ban kiri belakang hingga hilang kendali dan menabrak pembatas jalan. Akibatnya, Avanza tersebut terseret sejauh 60 meter dan menyebabkan satu penumpang tewas.

Baca juga: Belajar dari Kecelakaan Avanza, Mobil Kelebihan Muatan Membawa Petaka

2. Pertolongan Pertama Saat Indikator Engine Check Mobil Menyala

Lampu cek engine artinya ada masalah pada sistem mesin mobilIstimewa Lampu cek engine artinya ada masalah pada sistem mesin mobil
Bila lampu cek engine ini menyala saat mesin bekerja artinya sistem melaporkan kepada pengemudi bahwa telah terdeteksi masalah pada mesin.

Maka dari itu, diperlukan langkah tepat sebagai pertolongan pertama saat lampu cek engine menyala secara tiba-tiba di tengah perjalanan liburan Natal dan Tahun Baru kali ini.

Baca juga: Pertolongan Pertama Saat Indikator Engine Check Mobil Menyala

3. Intip Kabin Bus Double Decker Terbaru PO GHTS

Bus baru PO GHTSInstagram @hisyam_2542 Bus baru PO GHTS

Beberapa hari yang lalu perusahaan otobus (PO) Gunung Harta Transport Solution (GHTS) resmi merilis bus tingkat baru. Bus double decker tersebut nantinya akan digunakan sebagai layanan bus AKAP. Hanya saja usai peluncuranya, pihak PO masih merahasiakan tampilan kabin bus.

Namun, berdasarkan bocoran foto dari Karoseri Adiputro melalui Instagram @adiputro_official, tampilan kabin bus mengusung tema mewah di mana punya dua kelas yang berbeda. Pada dek bawah, interior bus merupakan layanan kursi sleeper dengan tema hotel kapsul.

Baca juga: Intip Kabin Bus Double Decker Terbaru PO GHTS

4. Jangan Pakai e-Toll Berbeda Saat Bayar, Bisa Kena Denda Tinggi

Cara cek saldo e-toll dengan mudah melalui HP, ATM, atau panggilan dial. Dok. Stanly/KompasOtomotif Cara cek saldo e-toll dengan mudah melalui HP, ATM, atau panggilan dial.

Musim libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) banyak masyarakat yang melakukan perjalanan melalui jalan tol.

Oleh karena itu, sebelum memasuki gerbang tol pastikan saldo pada kartu e-toll mencukupi untuk menutup biaya perjalanan.

Baca juga: Jangan Pakai e-Toll Berbeda Saat Bayar, Bisa Kena Denda Tinggi

5. Cuti Bersama Natal 2024, Ganjil Genap Jakarta Belum Berlaku

Informasi ganjil genap Jakarta hari iniTMC Polda Metro Jaya Informasi ganjil genap Jakarta hari ini

Libur Natal masih dilanjutkan dengan cuti bersama pada Selasa (26/12/2023). Sistem ganjil genap pun masih ditiadakan untuk wilayah DKI Jakarta.

Kebijakan tersebut diterapkan dalam rangka hari libur nasional. Jadi, tidak akan ada teguran dari petugas kepolisian maupun pengecekan dari kamera tilang atau ETLE.

Baca juga: Cuti Bersama Natal 2024, Ganjil Genap Jakarta Belum Berlaku

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com