BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan
logo

Seru, Touring sembari Menyelisik 5 Destinasi Eksotis Flores

Kompas.com - 22/12/2023, 18:51 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Ada beragam cara untuk menikmati keindahan panorama alam Indonesia yang menawan. Salah satunya, touring atau melakukan perjalanan dengan mengendarai motor sembari bebas menjelajahi lanskap cantik di setiap sisi Nusantara.

Aktivitas touring tersebut bisa jadi pilihan untuk merasakan kebebasan setelah menjalani kesibukan atau rutinitas sehari-hari di perkotaan.

Dengan touring mengendarai motor, kamu bebas berkelana menikmati alam bebas, berbaur dengan warga lokal, mencicipi kuliner khas, serta mengabadikan moment apik sepanjang perjalanan.

Berpetualang ala touring tentu menjadi perjalanan plesiran yang tidak akan pernah terlupakan.
Salah satu tempat terbaik di Indonesia yang patut dijelajahi lewat touring motor adalah Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca juga: Ini Motor yang Pegang Rekor Touring Jakarta-Surabaya Hanya 10 Jam

Untuk diketahui, Flores merupakan salah satu tempat populer di kalangan pencinta touring motor. Hal ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, Flores memiliki panorama yang menakjubkan, mulai dari pegunungan hingga Pantai.

Tidak hanya itu, Flores memiliki infrastruktur jalan yang bagus sehingga nyaman dipakai touring bagi pencinta motor. Dengan rute dan pemandangan indah, tidak heran banyak pencinta touring sangat ingin riding ke sana.

Baca juga: Eksotisme Flores Tak Ada Tandingan, Jajal 3 Aktivitas Seru Berikut Saat Traveling ke Flores

Di sepanjang rute tersebut, kamu pun dapat berburu tempat eksotis selama menjelajahi bumi Flores. Berminat untuk touring? Berikut lima destinasi yang wajib disambangi saat touring di Flores.

1. Bajawa

Bajawa merupakan salah satu daerah yang patut dilintasi saat touring ke Flores, NTT. Kota ini patut dipertimbangkan karena memiliki beragam obyek wisata yang patut disambangi.

Baca juga: 4 Rekomendasi Film Indonesia Bertema Road Trip

Adapun pencinta kopi, Bajawa merupakan salah satu tempat yang wajib dieksplor selama touring untuk mencicipi rasa khas kopi arabika. Udara yang sejuk di sini cocok untuk menikmati seduhan kopi panas bercita rasa Bajawa.

Untuk diketahui, nyaris tak ada jalan lurus di sepanjang jalan aspal Bajawa. Sepanjang rute Bajawa menuju Kabupaten Manggarai jalanan berkelok-kelok tiada akhir. Karakter rute di jalur Bajawa ini menjadi tantangan tersendiri bagi pencinta touring untuk memacu adrenalin.

2. Aimere

Perjalanan berikutnya bisa berlanjut ke Aimere di Kabupaten Ngada, Flores. Sedikitnya, perlu waktu lima jam perjalanan untuk sampai ke kabupaten ini dari Kabupaten Manggarai.

Memasuki wilayah Aimere, kamu akan disuguhi jalan raya yang berkelok-kelok. Rasakan sendiri adrenalin yang terpacu saat touring mengendara motor di kawasan ini.

Baca juga: Sebelum Road Trip, Baiknya Pastikan Radiator Benar-benar Sehat

3. Padang Savana Mausui

Untuk dapat riding di Padang Savana Mausui, pastikan kamu menggunakan motor yang tangguh untuk menaklukkan medan tersebut. Adapun motor yang digunakan menggunakan ban besar, punya spek ergonomis, serta dilengkapi handlebar dengan stabilizer agar nyaman ketika berkendara di padang rumput.Dok. Flavorful Ride Untuk dapat riding di Padang Savana Mausui, pastikan kamu menggunakan motor yang tangguh untuk menaklukkan medan tersebut. Adapun motor yang digunakan menggunakan ban besar, punya spek ergonomis, serta dilengkapi handlebar dengan stabilizer agar nyaman ketika berkendara di padang rumput.

Saat touring ke Flores, Padang Savana Mausui juga wajib disinggahi untuk menjajal pengalaman riding yang berkesan.

Untuk diketahui, Padang Savana Mausui merupakan padang rumput yang terletak di perkampungan Mausui, Kelurahan Watunggene, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur.

Kamu pun dapat dapat berkendara di hamparan padang rumput Mausui sembari menikmati bentangan alam yang mengagumkan.

Untuk dapat riding di Padang Savana Mausui, pastikan kamu menggunakan motor yang tangguh untuk menaklukkan medan tersebut. Adapun motor yang digunakan menggunakan ban besar, punya spek ergonomis, serta dilengkapi handlebar dengan stabilizer agar nyaman ketika berkendara di padang rumput.

Baca juga: Road Trip Keliling Geopark Ciletuh Sukabumi, Bisa ke Mana Saja?

4. Ruteng

Masih di Kabupaten Manggarai, tempat yang wajib disinggahi selama touring di Flores adalah Kota Ruteng. dijuluki sebagai kota dingin, menjelajahi kota ini kamu dapat menemukan keunikan dan suasana yang berbeda dengan kota lain di Indonesia.

Keindahan alam sepanjang perjalanan di Ruteng pun dapat dinikmati. Kawasan ini punya jalur berkelok dengan medan yang cukup menantang sehingga menawarkan sensasi tersendiri bagi pencinta touring.

5. Labuan Bajo

Labuan Bajo di NTT merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib disambangi saat touring ke Flores. Pasalnya, kawasan wisata yang masuk dalam daftar Destinasi Super Prioritas (DSP) Indonesia ini menawarkan bentang alam yang apik dan beragam.

Kekayaan alam tersebut bisa memanjakan mata siapa pun yang bertandang ke sana untuk menikmati keindahan sisi timur Indonesia.

Baca juga: Pakai Celana Jin Sudah Paling Pas buat Riding Saat Cuaca Panas

Selama di Labuan Bajo, kamu juga dapat trekking ke Pulau Padar, menikmati keindahan Pink Beach, menikmati sunset di Pulau Kalong, dan menikmati hidangan makan malam di atas yacht.

Itulah lima destinasi wisata yang patut disinggahi sata kamu touring di Flores, NTT. Tergoda untuk touring sembari eksplorasi keindahan alam dan budaya Flores? Kamu bisa menjajalnya begitu ada kesempatan. Misalnya, melalui kegiatan Flavorful Ride yang digelar baru-baru ini.

Acara tersebut dibuat untuk mendukung orang-orang yang memiliki passion untuk touring motor lewat petualangan yang seru.

Lewat program tersebut, para pencinta touring bersama-sama mengendarai motor sepanjang 1.000 km di Flores selama 10 hari.

Baca juga: 4 Tips Transaksi Aman saat Traveling, Jangan Pakai WiFi Publik

Kegiatan selama touring 10 hari di Flores beragam, mulai dari riding di Larantuka, trekking dan kemah di Kelimutu, mengunjungi Desa Bena dan Wae Rebo, hingga makan malam di yacht dan menjelajahi pulau-pulau indah di area Labuan Bajo.

Untuk diketahui, Flavorful Ride akan digelar kembali tahun depan dengan petualangan baru yang tak kalah menarik. Karena itu, nantikan Flavorful Ride selanjutnya ya.

Untuk informasi lengkap, klik di sini.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com