Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aleix Espargaro Minta Maaf Usai Tampar Morbidelli

Kompas.com - 20/11/2023, 16:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perseteruan antara Aleix Espargaro dan Franco Morbidelli cukup panas. Aleix sudah meminta maaf karena berlaku kasar, tapi menurutnya Morbidelli juga salah.

Aleix kedapatan berlaku kasar kepada Morbidelli pada sesi latihan bebas FP2 MotoGP Qatar 2023 di Sirkuit Losail. Pebalap Aprilia ini menampar helm Morbidelli, karena sudah menghalangi lajunya.

Baca juga: Aleix Espargaro Didenda Rp 168 Juta karena Tampar Helm Morbidelli

Morbidelli mengatakan, dia terpaksa mengurangi lajunya, karena pebalap di depannya pun demikian. Pada saat itu, Morbidelli menambahkan, bendera kuning tengah dikibarkan.

 

Aleix kemudian menyalip Morbidelli dengan jarak yang sangat tipis. Morbidelli pun menyalipnya kembali untuk merebut posisinya lagi.

Kondisi ini membuat Aleix naik pitam hingga menampar helm pebalap Yamaha tersebut. Hasilnya, Aleix dikenakan sanksi mundur enam posisi start. Selain itu, dikenakan pula denda sebesar 10.000 euro atau sekitar Rp 168 jutaan.

Baca juga: Sial Beruntun, Aleix Espargaro Patah Tulang Fibula di Kaki Kiri

"Tentu saja saya masih malu dengan perilaku saya kemarin, jadi saya mengakui kesalahan saya dan menerima hukuman," ujar Aleix, dikutip dari keterangan pada unggahan media sosialnya, Senin (20/11/2023).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

"Meskipun kehilangan akal untuk bereaksi seperti ini, saya pikir tidak adil bahwa saya dihakimi hanya untuk 5 detik terakhir, dia berjalan di trek, menghalangi saya tiga tikungan yang hampir jatuh dan bagaimanapun juga tidak membiarkan saya masuk ke lintasan, sudah seminggu berlalu 'Saya menyebut Marc seperti anjing' setiap GP menghalangi satu atau yang lain dan pada akhirnya dengan ketegangan sulit untuk mengelola reaksi," kata Aleix.

"Tapi yang terburuk dari semuanya, dalam pernyataannya dia menempatkan keluarga saya di tengah-tengah... Bagi saya, dia tidak pantas mendapatkan rasa hormat. Saya ulangi, sekali lagi saya meminta maaf dan menerima konsekuensinya, tetapi saya ingin memberikan sudut pandang saya dan menempatkan semuanya dalam konteks karena saya pikir tidak adil jika hanya saya yang disalahkan," ujarnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Aleix 41 (@aleixespargaro)

Aleix gagal finis karena terjatuh saat sprint race. Dia mengalami retak pada tulang fibula di kaki kirinya. Aleix pun absen pada balapan utama MotoGP Qatar 2023.

Belum diketahui apakah dirinya juga akan absen pada Final MotoGP 2023 di Sirkuit Valencia akhir pekan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com