Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Bus Mengalah Pakai Jalan Miring agar Truk Tidak Terbalik

Kompas.com - 13/11/2023, 13:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi solidaritas kendaraan niaga kini tidak hanya antara sopir bus dan sopir truk. Saat ini, sopir bus dan sopir truk kompak saling membantu di jalan raya.

Misalnya, baru-baru ini video yang diunggah oleh Instagram @videobusindonesia_ memperlihatkan sopir bus yang mengalah kepada sopir truk dengan bertukar jalur. 

Dari video tersebut tampak jalan yang dilintasi miring sebelah, sedangkan bus dan truk datang dari arah yang berlawanan.

Lantaran jalan yang harus dilalui truk tidak rata atau miring, akhirnya bus bertukar posisi kendati berlawanan arah. Kemudian, truk menggunakan jalan rata yang semula digunakan bus. 

Baca juga: Pabrik MG Motor Indonesia Hampir Rampung, Produksi Awal 2024

Ace, salah satu sopir bus PO ALS trayek Bogor-Medan, mengatakan, cara ini dilakukan demi keselamatan truk. 

"Jalannya memang miring, sementara itu truk itu punya bobot muatan dan juga ukuran yang lebih besar. Kondisi seperti tentunya akan membuat truk mudah hilang keseimbangan. Makanya, karena bus punya ukuran yang lebih kecil, pilihannya mengalah untuk bertukar jalur," katanya kepada Kompas.com, Senin (13/11/2023). 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Video Bus Indonesia (@videobusindonesia_)

Baca juga: Quartararo Kecewa Dapat Denda Rp 16,7 Juta dari Race Direction

Kendati demikian, aksi bertukar jalur ini tidak bisa dibilang mudah. Bus juga membawa penumpang dan harus mematikan keadaan dengan baik agar selamat. Maka dari itu, menurut Ace, sopir bus yang hendak melakukan aksi ini harus punya perhitungan tepat. 

Apabila salah teknik, bukan tidak mungkin bus yang akan terbalik saat melintasi jalan miring. 

"Toleransi di jalan itu sangat penting antar jenis kendaraan agar lalu lintas lebih lancar. Kalau sampai ada kendaraan besar yang terguling, maka jalanan akan macet parah. Tidak hanya itu, keluarga sopir di rumah pasti cemas kalau sampai mendengar alami kecelakaan," kata Ace.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com