Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bicara Kemungkinan Hyundai Jual N Series di Indonesia

Kompas.com - 09/11/2023, 15:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seperti produsen otomotif lainnya, Hyundai Motors juga memiliki model performa atau yang lebih dikenal dengan varian N.

Salah satu produk yang sudah mendapat varian tersebut adalah Hyundai Ioniq 5 yang belum lama ini meluncur secara global, tepatnya di Goodwood Festival of Speed Inggris.

Mobil listrik varian N dari Hyundai ini memiliki performa yang tinggi dengan tenaga diklaim tembus 641 Tk. Difokuskan untuk pengemudi dan menjanjikan pengalaman berkendara yang menyenangkan.

Lantas apakah Hyundai Ioniq 5 N bakal segera meluncur di Indonesia?

Baca juga: Mengapa Ban Mobil Penumpang Tidak Ada yang Vulkanisir?

Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menjelaskan, saat ini pihaknya sedang melakukan studi terkait N-Series untuk konsumen Indonesia.

Menurutnya, kalau banyak konsumen yang menginginkan mobil dengan performa tinggi, maka tidak menutup kemungkinan Ioniq 5 N dibawa ke Indonesia.

“Kita mulai produk Hyundai tergantung dari segmen customer Indonesia seperti apa. Kalau N-Series itu di global sudah ada Ioniq 5 N dan dilaunching di luar negeri,” ucap Frans, saat ditemui di Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Mobil listrik berperforma tinggi Hyundai Ioniq 5 NDok. Hyundai Mobil listrik berperforma tinggi Hyundai Ioniq 5 N

“(Saat ini) Memang kita lagi studi apakah masyarakat Indonesia itu suka sekali dengan (mobil) power, kencang, agresif. Apakah kesempatan untuk Hyundai memperkenalkan elektrik car yang punya power? Jadi kita masih survei ke konsumen Indonesia kalau ada kebutuhan di situ ya kenapa tidak,” lanjutnya.

Sebagai informasi, Ioniq 5 N masih mengandalkan platform yang sama seperti Ioniq 5, yakni Electric Global Modular Platform (E-GMP).

Pada bagian eksterior, secara garis besar Ioniq 5 N masih mengusung desain yang serupa dengan Ioniq 5. Hanya saja, Ioniq 5 N lebih rendah 20 mm, lebih lebar 50 mm, dan lebih panjang 80 mm.

Bagian depan terlihat menonjol dengan splitter baru, air flaps, dan air curtains. Sementara di bagian belakang, terdapat spoiler unik, diffuser, lampu rem segitiga, dan wiper.

Sementara pada bagian kaki-kaki, dibekali dengan satu set pelek aluminium berukuran 21 inci dan dibungkus ban Pirelli P Zero berukuran 275/35.

Mobil listrik berperforma tinggi Hyundai Ioniq 5 NDok. Hyundai Mobil listrik berperforma tinggi Hyundai Ioniq 5 N

Interior Ioniq 5 N juga sedikit berbeda. Desain setirnya baru dan memiliki berbagai tombol N, termasuk tombol N Grin Boost. Joknya layaknya mobil balap, menggunakan model bucket.

Mobil ini dilengkapi dengan paket baterai 84 kWh yang diperbesar dan dilengkapi dengan motor listrik yang telah direvisi di bagian depan dan belakang.

Motor listrik pada roda depan menghasilkan daya sebesar 166 kW atau setara dengan 222 tk. Sementara motor listrik pada roda belakang, memiliki tenaga sebesar 282 kW atau setara 378 tk.

Baca juga: Begini Cara Mengurus Balik Nama Kendaraan Bermotor

Jika keduanya digabungkan, maka menghasilkan 448 kW atau 601 Tk. Namun, besaran tenaga tersebut bisa melonjak saat mode Boost digunakan. Lonjakan tenaganya diklaim tembus 478 kW atau setara 641 Tk.

Dengan besaran tenaga tersebut, Ioniq 5 N diprediksi bisa mencapai 100 Kpj dalam waktu 3,4 detik. Sementara kecepatan maksimumnya, bisa tembus 260 Kpj.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com