Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Ban Mobil Bisa Meledak di Jalan?

Kompas.com - 07/11/2023, 10:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit dijumpai ban mobil meledak di jalan tol. Ban meledak merupakan momok buat pengemudi mobil saat kondisi kencang karena jika panik bisa menyebabkan kecelakaan.

Billy Cahyadi, Manager Produk dan Pelatihan PT Hankook Tire Sales Indonesia, mengatakan, banyak faktor yang menyebabkan ban meledak. Namun, yang utama ialah faktor eksternal dan kesalahan manusia.

Baca juga: Ini Prediksi Puncak Arus Mudik Natal dan Tahun Baru 2024

Hankook Indonesia resmi memperkenalkan ban Hankook Ion khusus untuk mobil listrik. Foto: Sera Hankook Indonesia resmi memperkenalkan ban Hankook Ion khusus untuk mobil listrik.

"Faktor eksternal pertama ialah terkena benda tajam seperti besi dan lainnya yang ada di jalanan," kata Billy kepada Kompas.com belum lama ini.

"Terus kedua karena kelalaian. Misalkan tekanan angin, tekanan angin ban tidak sesuai standar. Misalnya tekanan udaranya harus dikasih 80 digunakan dalam kecepatan tinggi pasti akan meledak," ungkapnya.

"Kenapa meledak, sebab sifat angin saat diputar di roda itu akan memuai, makin meningkat sehingga tekanan di dalamnya makin besar lagi apalagi dengan kecepatan tinggi panasnya luar biasa," kata Billy.

Baca juga: Cek 3 Motor Listrik Subsidi dengan Harga Rp 10 Jutaan

Ilustrasi pecah ban mobiltsikot.com Ilustrasi pecah ban mobil

Meski demikian Billy mengatakan, ban pada dasarnya minim kemungkinan ban meledak jika tidak terjadi faktor eksternal.

"Tapi sebetulnya kalau tanpa dampak itu jarang meledak, yaitu ketika ada pengaruh dari luar. Jika tidak ada pengaruh, jarang ban meledak. Hampir bisa dikatakan tidak akan meledak," ujar Billy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com