Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Ibu-ibu Belok Mendadak Lalu Tertabrak Mobil, Pahami Etika Berkendara

Kompas.com - 06/11/2023, 19:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berada di jalanan harus ekstra hati-hati, karena ada saja orang yang tidak paham keselamatan berkendara. Salah satunya seperti ibu-ibu yang ada di video yang diunggah Dashcam Owners Indonesia.

Bisa dilihat, kendaraan perekam jalannya sedang pelan setelah memberi jalan pengendara lain yang masuk di depannya. Tapi, tiba-tiba dari kiri ada pengendara ibu-ibu yang selonong ke depan mobil, mau belok ke kanan.

Perekam pun sepertinya kaget, jadi tidak sempat mengerem dan terlanjur menabrak ibu-ibu tersebut. Akhirnya, banyak orang yang membantu ibu tadi bangkit dari motornya.

Baca juga: Ibu-ibu Naik Motor Masuk Jalan Tol, Ngebut dan Tanpa Helm

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana mengatakan, kalau memang mau belok atau berubah arah, tidak boleh memotong lajur kendaraan lain.

"Jangan tiba-tiba mengubah arah, minimal 30m sebelum kita akan belok atau pindah jalur. Kasih isyarat dengan lampu sein dan pastikan aman," kata Agus kepada Kompas.com, Senin (6/11/2023).

Baca juga: Cara Perpanjang STNK atas Nama Orang Lain secara Online


Terlihat ibu tersebut memang kasih sein ke kanan, tapi tiba-tiba manuvernya. Makanya, tabrakan jadi tidak bisa dihindari.

"Si ibu ceroboh saat belok, sehingga tertabrak dari belakang," kata Agus.

Sayangnya sudah banyak pengendara yang cuma bisa mengendarai motor, sudah berani di jalanan. Tapi soal berkendara aman, mereka masih belum paham dan mengerti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com