Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalimantan Timur Jadi Kiblat Modifikasi Skutik di Indonesia

Kompas.com - 31/10/2023, 17:51 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


MALANG, KOMPAS.com – Bertepatan dengan gelaran Honda Bikers Day (HBD) 2023, PT Astra Honda Motor turut mengumumkan juara nasional dari ajang Honda Modif Contest (HMC) 2023.

Dari 45 karya modifikasi sepeda motor Honda terbaik yang diadu pada final battle di Lapangan Rampal, Malang, Jawa Timur (28/10/2023), terpilih tiga motor juara nasional.

Setelah melalui proses penjurian, predikat Juara Nasional pada final battle diberikan kepada Saharudin untuk kategori Matic & Cub yang memodifikasi Honda Scoopy.

Baca juga: Teknik Pengereman Motor Matik yang Aman di Turunan

Tercatat dari 710 peserta, terpilih 45 karya modifikasi sepeda motor Honda terbaik yang diadu pada final battle bersamaan dengan gelaran HBD di Lapangan Rampal, Malang, Jawa Timur (28/10).Dok. AHM Tercatat dari 710 peserta, terpilih 45 karya modifikasi sepeda motor Honda terbaik yang diadu pada final battle bersamaan dengan gelaran HBD di Lapangan Rampal, Malang, Jawa Timur (28/10).

Kemudian, Iksan Aditya Mulyo berhasil meraih gelar Juara Nasional kategori Sport dengan karyanya bersama CBR250.

Lalu, Andri Hendrawan dengan kreasinya Honda CB175 Twin berhasil mengantarkannya sebagai pemenang Juara Nasional dari kategori FFA (Free for All).

Ajang HMC 2023 turut menyisakan sejumlah kisah unik, salah satunya ketika pemenang kategori Matic & Cub tahun ini berasal dari Kalimantan Timur, bukan kota-kota besar di Jawa.

Baca juga: Transmisi Mobil Matik Bisa Overheat, Pahami Risiko dan Antisipasinya

Aan Fikriyan, Koordinator Pelaksana HMC, yang juga menjabat Vice Director Customfest, mengatakan, bisa dibilang Kalimantan Timur merupakan kiblat modifikasi skutik di Indonesia untuk saat ini.

“Matik ini ada satu cerita menarik, ketika Kalimantan Timur, bahkan juri juga menyatakan, bahwa kalau kita mau melihat tren modifikasi skutik, Honda khususnya, mungkin kita harus harus menengok ke Kalimantan Timur,” ujar Aan di Malang (28/10/2023).

“Ide-ide kreativitasnya sangat beragam. Kemudian, kualitas kerja yang ditawarkan di kategori matik ini benar-benar ultimate, dan bawa ide segar baru. Jadi dari sisi lifestyle dapat, kretivitas dapat, kemampuan teknikal dan kualitas pekerjaan juga dapat,” kata dia.

Baca juga: Peluang Skutik Retro Honda Giorno Meluncur di Indonesia

Predikat Juara Nasional pada final battle diberikan kepada Saharudin untuk kategori Matic & Cub yang memodifikasi motor Honda Scoopy.Dok. AHM Predikat Juara Nasional pada final battle diberikan kepada Saharudin untuk kategori Matic & Cub yang memodifikasi motor Honda Scoopy.

Bahkan modifikator asal Kalimantan Timur itu bisa melakukan ubahan yang menarik pada tipe motor Honda terbaru. Contohnya seperti juara nasional kategori Matic & Cub tahun ini menggunakan Honda Scoopy lansiran 2023.

Aan menambahkan, Saharudin yang menjadi juara nasional dengan Scoopy-nya, mengambil tema yang menarik.

Menurutnya, motor ini mengambil gaya lowrider dengan pengaruh skutik bobber. Kemudian, finishing yang dipilih mengambil daya lowrider Mexicano, tapi dengan ornamen lokal, yaitu Melati.

Baca juga: Spesifikasi Motor Listrik Konversi Musashi, Honda BeAT Rasa 250 cc

Saharudin yang memodifikasi motor Honda Scoopy, jadi juara nasional untuk kategori Matic & Cub pada Honda Modif Contest 2023.Dok. AHM Saharudin yang memodifikasi motor Honda Scoopy, jadi juara nasional untuk kategori Matic & Cub pada Honda Modif Contest 2023.

“Teman-teman national champion ini bisa menjadi influence baru di gaya modifikasi Indonesia yang kemudian ini enggak murahan. Tapi ini juga bukan bicara mahal atau murah, tapi kreativitas yang luar biasa,” kata Aan.

“Padahal sebetulnya secara kompetisi, HMC itu tidak kemudian gampang. Kompetisi satu merek itu justru susah, karena aturan pembatasannya banyak,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com