Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Pengguna Pelat Nomor Palsu Bisa Kena Tilang Elektronik | Teknik Pengereman Motor Matik di Turunan

Kompas.com - 31/10/2023, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) alias pelat nomor palsu makin marak belakangan ini. Biasanya, penggunaan pelat nomor palsu dipakai untuk menghindari aturan ganjil genap.

Padahal, penggunaan pelat nomor palsu merupakan tindakan pelanggaran hukum dan dijerat sesuai undang-undang (UU) yang berlaku. Menyikapi hal ini, kepolisian terus melakukan upaya untuk menindak pelaku pengguna pelat palsu.

Selain itu, pengereman menjadi hal yang sangat penting dilakukan ketika melewati jalan menurun, di mana kendaraan memiliki potensi mendapatkan kecepatan tinggi.

Khusus pengguna motor matik, mengetahui cara pengereman yang aman dan benar perlu diketahui, mengingat rem pada kendaraan ini berbeda dari sistem pengereman motor manual.

 Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Senin, 30 Oktober 2023:

1. Siap-siap, Pengguna Pelat Nomor Palsu Bisa Kena Tilang Elektronik

Direktur Penegak Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigadir Jenderal (Brigjen) Pol Aan Suhanan mengatakan, pengguna pelat palsu dapat ditindak menggunakan sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

“Kita juga sedang terus membangun ETLE ini mudah-mudahan di tahun depan bisa diterapkan. ETLE ini nanti akan kita support dengan face recognition untuk mengantisipasi ketika menggunakan pelat nomor palsu, kita akan tahu siapa pengemudinya,” kata Aan, dikutip dari NTMC Polri, Senin (30/10/2023).

 Baca juga: Siap-siap, Pengguna Pelat Nomor Palsu Bisa Kena Tilang Elektronik

2. Teknik Pengereman Motor Matik yang Aman di Turunan

Touring Honda PCX di BaliAloysius Gonsaga AE/Kompas.com Touring Honda PCX di Bali

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan, ketika pengendara motor matik melewati jalan menurun jangan menekan rem terlalu lama.

“Rem secukupnya, perlahan biarkan kecepatan motor terkontrol tersendirinya. Bila ada keanehan seperti bau terbakar, atau keluar asap, berhenti saja,” ungkap Sony.

 Baca juga: Teknik Pengereman Motor Matik yang Aman di Turunan

3. 4 Pebalap Kedapatan Langgar Regulasi Ban, Termasuk Jorge Martin

Jorge MartinInstagram @89jorgemartin Jorge Martin

Mulai musim ini, dari Race Commission menerapkan regulasi baru soal tekanan ban. Pada MotoGP Thailand 2023 di Sirkuit Buriram, diketahui ada empat pebalap yang melanggar aturan tersebut.

Dikutip dari Crash.net, Senin (30/10/2023), keempat pebalap tersebut adalah Aleix Espargaro, Jorge Martin, Marc Marquez, dan Pol Espargaro. Tapi, hanya Aleix yang mendapatkan penalti dari pelanggaran tersebut.

Baca juga: 4 Pebalap Kedapatan Langgar Regulasi Ban, Termasuk Jorge Martin

4. Perlukah Memanaskan Mesin Mobil Matik Setiap Hari?

Tombol pengunci atau release button di tuas transmisi matik() Tombol pengunci atau release button di tuas transmisi matik

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com