Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Tampilan Bodi Mobil Seperti Baru, Siapkan Dana mulai Rp 8 Juta

Kompas.com - 19/10/2023, 13:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cat pada bodi mobil biasanya akan mengalami penurunan kualitas seiring dengan penggunaan dan usia pakai. Mulai dari terlihat kusam, jamur, ada pula goresan halus akibat satu dan hal lain.

Untuk mengatasi hal ini, pemilik mobil perlu segera melakukan perawatan, atau bisa mengambil langkah pengecatan ulang agar tampilannya seperti baru.

Isaac, pemilik bengkel modifikasi bernama JAC Garage, yang berlokasi di Simpang Bandara Lama, Kota Palembang mengatakan, kebanyakan pemilik mobil yang yang melakukan pengecatan ulang lantaran body lantaran tampilannya sudah kusam atau banyak lecet.

Baca juga: Simak 7 Tips Aman Membawa Anak Naik Mobil

“Biasanya 70 persen persentasenya warna bodi mobil yang sudah kusam, lecet atau yang sudah rusak. Kemudian yang 30 persennya didominasi oleh kalangan muda yang memang hobi,” ucap Isaac belum lama ini kepada Kompas.com.

@jacgarage BRIO NARDO GREY #jacgarage #tiktokindonesia #senggoldong #TikTokPromote ? suara asli - JAC garage

Adapun bagi pemilik kendaraan yang ingin melakukan pengecatan ulang cukup keluarkan dana mulai dari Rp 8 juta.

“Kalau biaya ini sifatnya relatif, biasanya konsumen datang kita cek dulu mobilnya. Mulai dari bodi dan tambahan pekerjaan apa yang konsumen inginkan. Kita ambil contoh kalau untuk Toyota Avanza itu pengecatan dari Rp 8 juta sampai Rp 12 juta. Kemudian kalau untuk mobil kecil seperti Honda Brio itu dari Rp 8 juta sampai Rp 10 juta,” kata Isaac.

Baca juga: Rasanya Jadi Penumpang Mazda CX-60, Nyaman Buat Jalan Jauh

Adapun untuk waktu pengerjaan cat body mobil sekitar 14-15 hari kerja.

“Waktu pengerjaan nya sekitar 14 hari sampai 15 hari kerja, tetapi biasanya konsumen yang datang ke sini tidak hanya melakukan pengecatan saja tetapi ada pekerjaan seperti mengganti bumper, headlamp, stoplamp, penggantian kaki kaki, itu yang bikin lama,” ujar Isaac.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com