Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upgrade Setir Innova Lawas Pakai Punya Fortuner GR Sport Karbon

Kompas.com - 19/10/2023, 10:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain sebagai pusat pengendalian, setir juga menunjang penampilan interior. Sehingga untuk menambah kenyamanan dan tampilan upgrade setir mobil mulai lazim dilakukan.

Misalnya pemilik Toyota Fortuner lama atau Toyota model lain seperti Innova 2012 bisa upgrade punya setir Fortuner GR Sport.

Baca juga: Regulasi Kustomisasi Dinilai Kurang Maksimal, Ini Pasal yang Dikritisi

Retrim setir mobil berlapis karbon kevlar harga dipatok mulai Rp 3,5 juta.KOMPAS.com/Gilang Retrim setir mobil berlapis karbon kevlar harga dipatok mulai Rp 3,5 juta.

"Punya Fortuner GR ini bisa dipasang ke semua Toyota kecuali ke Innova Zenix dia tidak bisa. Karena dudukannya beda," kata Ikbal, pemilik Dokter Stir, spesialis retrim setir mobil di Mega Glodok Kemayoran (MGK), kepada Kompas.com, belum lama ini.

Untuk upgrade setir Fortuner GR pemilik mobil perlu merogoh kocek mulai dari Rp 7,5 juta. Sedangkan jika pakai setir Fortuner GR yang sudah retrim menggunakan serat karbon full set harganya lebih mahal.

"Bisa pakai setir (satu set) sama instalasi sekitar Rp 10,5 juta," kata Ikbal.

Baca juga: Modifikasi Kabin Bus Jadi Tempat Tidur Mewah, Habiskan Dana Rp 1 Miliar

Salah satu cara untuk mengembalikan tampilan setir yang kusam yaitu dengan cara retrim.KOMPAS.com/Gilang Salah satu cara untuk mengembalikan tampilan setir yang kusam yaitu dengan cara retrim.

Pemilik workshop Automania Hendra Budiman, mengatakan, setir Fortuner GR Sport dilengkapi dengan tombol tambahan yang berfungsi untuk menerima dan menutup panggilan telepon.

Untuk beberapa mobil seperti Kijang Innova 2012 baiknya juga melakukan upgrade pada head unit dengan sistem android. Melakukan upgrade head unit ini dibutuhkan budget Rp 2 juta.

“Tapi kalau untuk Innova itu belum ada MID nya jadi belum bisa pairing, kalo untuk ganti setir Fortuner GR Sport tombol yang berfungsi hanya di bagian sebelah kiri saja. Kalau untuk Innova Reborn pasti semua tombol dari Fortuner GR Sport berfungsi,” kata Hendra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com