Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rasanya Jadi Penumpang Mazda CX-60, Nyaman buat Jalan Jauh

Kompas.com - 19/10/2023, 11:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Mazda Indonesia baru saja mengajak rekan media mencoba CX-60 dalam perjalanan jauh, tepatnya Jakarta-Semarang. Bukan itu saja, kami juga berkeliling di daerah Semarang-Magelang.

Rute yang dilewati dari Jakarta ke Semarang adalah via tol, sedangkan saat ke Magelang, lewat jalan antarkota yang menanjak dan berliku. Kalau sebagai pengemudi, CX-60 ini mumpuni buat melibas segala medan yang ditawarkan.

Namun, kalau duduk sebagai penumpang, ternyata relatif masih nyaman. Misal di jalan tol, untuk kecepatan normal, bantingan suspensi saat melewati Tol Trans-Jawa yang bergelombang sangat baik, tidak bikin mual.

Baca juga: Siksa Mazda CX-60 di Kaki Gunung Merbabu

Mazda CX-60mazda Mazda CX-60

Begitu juga saat dibawa meliuk-liuk ketika menuju Magelang, penumpang yang duduk di bangku depan masih bisa menikmati perjalanan.

Berbagai faktor memang bisa jadi penentu, dari rangka sampai ke teknologi yang disematkan. CX-60 sendiri memakai Kinematic Posture Control yang menjaga bodi tetap seimbang saat dibawa manuver, kombinasi suspensi dan pengereman yang baik.

Selain itu, sebagai penumpang juga merasa nyaman selama perjalanan karena bangkunya. Pertama, baik di Elite atau Kuro, sudah memakai setelan elektris, lalu ada juga ventilated seat yang mengembuskan udara sejuk di bokong dan punggung.

Baca juga: Bos Ducati Jengkel Pramac Racing Disebut Tidak Boleh Menang


Bukan itu saja, ada satu fitur yang kami suka dari CX-60 yaitu sistem audionya yang didukung speaker Bose. Audio ini ada setelannya, yakni Bose Stereo Mode, Bose Center Point, dan Bose AudioPilot.

Soal Bose Center Point, 12 speaker Bose ini akan membuat mobil punya kualitas audio yang sangat baik, diarahkan ke tengah dari berbagai sisi. Jadi suara dari audio ini lebih menggelegar, merdu di telinga.

Baca juga: Mazda RX-8 dan Ferrari Kecelakaan, Bawa Mobil Sport Butuh Keahlian

mazda cx-60mazda mazda cx-60

Kemudian, untuk yang Bose AudioPilot, dia bisa menyesuaikan volume dengan suara dari luar atau road noise. Misal di jalan tol yang cenderung berisik, maka volume akan disesuaikan, makin memanjakan saja.

Selain itu, untuk koneksi ke headunit, sudah tersedia wireless Apple CarPlay dan Android Auto yang masih pakai kabel USB. Cuma konektivitasnya sangat mudah, sehingga bisa dengan cepat terhubung dengan sistem hiburan yang diinginkan dari smartphone.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com