Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suku Cadang Ford Ranger dan Everest Laris di Kalimantan

Kompas.com - 17/10/2023, 18:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Ford Ranger dan Everest banyak dipakai di wilayah yang butuh mobil kabin ganda atau mobil angkut dengan kemampuan off road cukup baik untuk menerjang segala medan.

Jeffry Tjoeng, pemilik Union Motor, toko spesialis suku cadang Ford dan Mazda di Mega Glodok Kemayoran (MGK) Jakarta, mengatakan, hal itu dapat dilihat dari konsumen tokonya yang mayoritas berasal dari Kalimantan.

Baca juga: Dasar Hukum dan Bahaya Menerobos Lampu Merah

All-New Ford RangerAris F Harvenda/KompasOtomotif All-New Ford Ranger

"Pelanggan kami justru dulu banyak di Kalimantan, belakangan ini baru semenjak double cabin masuk banyak peminatnya, mobil dari Kalimantan dikirim ke Jakarta. Tadinya mobil Jakarta dikirim ke Kalimantan disewakan di sana, karena usianya sudah melebihi batas mereka dikirim balik lagi dan dibeli di sini," kata Jeffry kepada Kompas.com, di Jakarta, Selasa (17/10/2023).

Jeffry yang orang tuanya sudah berdagang suku cadang sejak 1980'an awal mengatakan, permasalahan pengguna Ford Ranger dan Everest biasanya terletak di kaki-kaki.

"(Suku cadang) untuk kaki-kaki buat Ranger kalau saya bilang tidak ada yang susah, cuma orang pada kaget dengan harganya saja," kata Jeffry.

Baca juga: Suzuki Jimny 5 Pintu Mulai Dikirim dari India, Siap Masuk Indonesia?

Permasalahan pengguna Ford Ranger dan Everest biasanya terletak di kaki-kaki.Foto: Prothanesuspensionparts Permasalahan pengguna Ford Ranger dan Everest biasanya terletak di kaki-kaki.

Suku cadang yang banyak dicari ialah bushing dan sebagainya. Soal harga kata Jeffry para pengguna Ranger dan Everest sudah tahu resikonya.

"Harganya sebetulnya tidak tentu sekarang. Bushing-bushing arm itu bisa Rp 1 juta-Rp 2 juta, itu bushing arm atas dan bawah, ball joint juga bisa diganti per parts," kata Jeffry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com