Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menu Kunci Ganda Motor Anti-maling, Mulai Rp 100.000

Kompas.com - 25/04/2024, 10:22 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Modus pencurian motor (curanmor) selalu mengintai dan bisa dialami siapa saja. Oleh karena itu, pengendara diimbau selalu menyiapkan langkah pencegahan, salah satunya dengan menggunakan kunci ganda.

Kunci ganda bisa dianggap sebagai aksesori ringkas untuk motor. Tapi sayangnya, tidak dijadikan perlengkapan wajib oleh semua pengendara.

Mencari aksesori ini juga tidak terlalu sulit dan banderolnya relatif murah. Pengendara bisa dengan mudah menjumpai beragam opsi kunci ganda di sentra otomotif, seperti di Jalan Otista, Jatinegara, Jakarta Timur.

Sebagai informasi, ada dua model kunci ganda yang banyak dijual di toko aksesori motor, yakni model disc lock alias gembok cakram depan motor, dan hand lock untuk bagian rem setang.

Baca juga: Tidak Terima Mobilnya Digembok, Ibu-ibu Ribut dengan Petugas Dishub

Kunci Pengaman Tambahan untuk Motorbukalapak Kunci Pengaman Tambahan untuk Motor

Alim, Penanggung Jawab toko aksesori Sun City Motor, menjelaskan, kunci ganda terlaris adalah model disc lock. Harganya tergolong murah di kisaran Rp 100.000, ukurannya ringkas dan mudah disimpan.

“Standarnya kalau mau paling aman pakai gembok cakram. Ukurannya macam-macam, ada yang buat dua lubang, ada yang satu lubang,” ucapnya kepada Kompas.com, Rabu (24/4/2024).

Saat memilih kunci jenis ini, Alim menganjurkan pengguna untuk mencari model berbahan besi atau minimal alumunium. Usahakan tidak membeli yang terbuat dari stainless steel atau bahkan karet.

“Stainless steel itu masih empuk, harganya emang murah enggak sampai Rp 100.000, tapi model itu ditendang saja bisa patah, masih kalah keras sama cakram,” kata dia.

Baca juga: ESDM Buka Konversi Motor Listrik Gratis, Ini Link Daftarnya

Menu Kunci Ganda Motor Anti Kemalingan, Mulai Rp 100.000Kompas.com/Daafa Alhaqqy Menu Kunci Ganda Motor Anti Kemalingan, Mulai Rp 100.000

Pilihan lain yang bisa dipertimbangkan adalah model hand lock, posisinya mengait rem belakang motor dengan tuas setang, sehingga motor dipaksa terkunci.

“Kalau model hand lock ini harganya Rp 150.000. Bagus, cuma tergantung kondisi rem motor juga. Kalau kendor ya enggak terlalu pengaruh,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com