Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kunci Ganda Terbaik untuk Cegah Curanmor

Kompas.com - 22/04/2024, 13:21 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat sedang memarkir di tempat umum, pemilik dianjurkan untuk selalu waspada dan memasang pengaman tambahan berupa kunci ganda, supaya terhindar dari bahaya pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

Pengaman tambahan biasanya dipasang secara khusus pada komponen tertentu, seperti rem tangan, shockbreaker, bahkan piringan cakram motor. Namun di antara opsi ini, mana yang paling efektif mencegah kemalingan?

Menurut pendapat mekanik, pengaman model fork lock alias kunci garpu adalah kunci ganda terbaik dan paling paling bisa meminimalisir risiko. Banderolnya juga cukup terjangkau, mulai dari kisaran Rp 200.000.

Anto Hananto, Kepala Bengkel AHASS 88 Tangerang menjelaskan, fork lock dipasang dengan posisi berpalang dan melingkupi tiga komponen sekaligus, yakni shockbreaker depan, cakram, serta pelek.

Baca juga: Motor Listrik Mati Total Setelah Ditinggal Lama, Apa Penyebabnya?

Kunci Pengaman Tambahan untuk Motorbukalapak Kunci Pengaman Tambahan untuk Motor

Fork lock itu ukurannya paling besar dan paling minim risiko juga, soalnya dia mengikat langsung ke as shock depan,” ucapnya kepada Kompas.com di Tangerang, Minggu (21/4/2024).

Anto menambahkan, beberapa kunci pengaman lain memang bisa mencegah risiko pencurian, namun bisa memicu kerusakan lain atau masih berpotensi dibobol.

Contoh kunci pengaman lain yang cukup populer adalah disk lock, dipasang di lubang cakram depan motor. Walau ukuranya ringkas, komponen ini diklaim cukup berbahaya.

“Ada kemungkinan bisa bikin cakram peyang atau pecah kalau didorong paksa. Memang masih aman karena yang penting motor enggak dicuri, tapi sayang juga kalau cakram sampai rusak,” kata dia.

Baca juga: Kamera ETLE Bertambah, Jumlah Pelanggar Saat Mudik Meningkat

Ilustrasi cakram motor dikunci menggunakan gembok pagarKompas.com/Daafa Alhaqqy Ilustrasi cakram motor dikunci menggunakan gembok pagar

Opsi pengaman selanjutnya yang juga tersedia adalah brake lock, dipasang di bagian tuas rem sehingga membuat motor terkunci paksa.

Kunci pengaman terakhir yang tidak konvensional tapi bisa dijadikan opsi terakhir adalah gembok pagar. Fungsinya serupa dengan disk lock dan dipasang di lubang cakram depan motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com