Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Layang JORR Cikunir-Ulujami Dijadwalkan Beroperasi 2027

Kompas.com - 17/10/2023, 16:02 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan memulai pembangunan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Elevated Cikunir-Ulujami untuk mengurangi kemacetan di wilayah DKI Jakarta.

Jalan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami sepanjang 21,6 km akan dibangun dengan biaya investasi Rp 21,26 triliun dan masa konsensi 45 tahun terhitung sejak penerbitan Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK).

Jalan tol ini akan dibangun dengan struktur full elevated di atas JORR eksisting dengan jumlah lajur 2x2 selebar 3,5 meter.

Baca juga: MotoGP Mandalika 2023 Banjir Pujian dari Dorna Sports dan FIM

Ilustrasi pembangunan Jalan Tol JORR Elevated Cikunir-UlujamiDok. Kementerian PUPR Ilustrasi pembangunan Jalan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Miftachul Munir, mengatakan, jadwal konstruksi Jalan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami dilakukan selama 33 bulan, dimulai sejak Juli 2024 hingga Maret 2027 dengan jadwal pengoperasian pada April 2027.

“Jalan tol ini akan memiliki 3 on/off ramp yaitu on/off ramp yang tekoneksi dengan jalan arteri Pondok Indah,” ujar Miftachul, dalam keterangan resmi, Selasa (17/10/2023).

“On/off ramp terkoneksi jalan arteri Bampu Apus, serta off ramp terkonseksi jalan Tol Jagorawi sehingga diharapkan dapat mengurangi beban kepadatan lalu lintas di JORR eksisting,” kata dia.

Baca juga: Video Viral Petugas Parkir Curang, Begini Cara Mengantisipasinya

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, mengatakan, selain untuk mengatasi kemacetan, pembangunan Jalan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami dilakukan dalam rangka mengejar ketertinggalan menuju indonesia maju pada tahun 2045.

“Walaupun jalan tol di indonesia yang saat ini sudah ada 71 ruas atau sekitar 2.800 km kelihatannya sudah banyak, tapi itu semua belum apa-apa,” ujar Basuki, pada kesempatan yang sama.

“Sudah tinggal sekitar 20 tahun lagi hingga 2045, pasti kita membutuhkan konektivitas yang lebih baik lagi,” kata dia.

Baca juga: VR46 Mengaku Sudah Lama Incar Sponsor dari Indonesia

Ilustrasi Jalan Tol JORR Elevated Cikunir-UlujamiDok. Kementerian PUPR Ilustrasi Jalan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami

Basuki berpesan, khususnya kepada BUJT, agar memperhatikan tata kelola serta kualitas dan estetika pada proyek Jalan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami ini.

“Saya mengajak kita semua untuk memperbaiki atau meningkatkan tata kelola yang lebih baik dan bersih, tidak ada mark up, tidak ada korupsi,” ucap Basuki.

“Estetika jalan tol juga masih perlu ditingkatkan, selalu perhatikan lingkungan dan perbanyak penghijauan. Saya ingin Jalan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami ini bisa menjadi pilot atau percontohan untuk jalan tol yang lebih baik dan maju,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com