Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap Debut di JMS 2023, Intip Minivan Imut Toyota Kayoibako

Kompas.com - 17/10/2023, 15:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang perhelatan Japan Mobility Show 2023, Toyota Motor Corporation membocorkan salah satu produk masa depan menariknya untuk memberikan pengalaman mobilitas berbeda bagi masyarakat di dunia.

Salah satu mobil dimaksud ialah minivan yang dinamakan Kayoibako. Dengan dimensi seperti kendaraan hatchback yaitu panjang 3.990 mm, konsep ini siap menjadi daya tarik tersendiri bagi paa pengunjung.

Dalam siaran pers-nya pada Selasa (17/10/2023), minivan konsep yang mirip dengan Yaris ini sepenuhnya bakal bertenaga listrik. Diwarnai cat putih pada seluruh tubuh, mobil lebih kecil dari van listrik Volkswagen ID Buzz yang sudah dipasarkan.

Baca juga: Jadwal MotoGP Australia 2023, Balapan Berlangsung Akhir Pekan Ini

Minivan listrik konsep Toyota Kayoibakodok.TMC Minivan listrik konsep Toyota Kayoibako

Toyota menggambarkan Kayoibako sebagai “sebuah konsep BEV (battery electric vehicle) yang mewujudkan masa depan mobilitas dengan kebebasan untuk menjalani kehidupan yang Anda inginkan, di mana saja, kapan saja."

Interior van konsep Toyota Kayoibako EV 2023, menampilkan tampilan lebar penuh yang dapat dikonfiguras. Sementara kompartemen pengemudi dilengkapi layar lebar penuh.

Hal ini berarti konsep kendaraan modular yang menurut Toyota akan cocok untuk berbagai armada dan kasus penggunaan pelanggan pribadi.

Di bidang kendaraan komersial, Toyota menyarankan agar Kayoibako dapat dikonfigurasi untuk pengiriman jarak jauh yang lebih ramah lingkungan dibandingkan saat menggunakan van bertenaga pembakaran.

Baca juga: SPKLU Belum Merata Jadi Penyebab Popularitas BEV Lambat

Minivan listrik konsep Toyota Kayoibakodok.TMC Minivan listrik konsep Toyota Kayoibako

Produsen asal Jepang ini juga agaknya menyasar penggunaan komersial dan pribadi untuk Kayoibako. Di mana, mobil dilengkapi dengan tempat duduk tambahan untuk keperluan shuttle bus, atau dapat digunakan sebagai toko keliling atau truk makanan.

Untuk pelanggan pribadi, menurut Toyota, dengan tingkat kemampuan konfigurasi kabin yang tinggi dan kapasitas tertentu agar lebih mudah mengakomodasi pengguna kursi roda.

Sehingga penggunaan Kayoibako mencakup akses yang lebih mudah bagi penumpang penyandang disabilitas

Dalam foto-foto yang dirilis oleh Toyota, mobil juga tampak memakai beberapa perlengkapan Gazoo Racing (GR) dengan velg besar. Kemudian disempurnakan oleh wheelbase 2.800 mm.

Baca juga: Pasar BEV Bergerak Positif September 2023, Air ev Kuasai Pasar

Minivan listrik konsep Toyota Kayoibakodok.TMC Minivan listrik konsep Toyota Kayoibako

Adapun kemampuan vehicle-to-grid dipahami sebagai fitur Kayoibako, yang meningkatkan kontribusinya dalam menyeimbangkan pasokan listrik lokal.

Selain minivan konsep ini, pada gelaran JMS 2023 Toyota juga akan menghadirkan mobil masa depan lainnya seperti sportcar konsep FT-Se GR, SUV FT-3e, serta van listrik HiAce.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com