Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berburu Komponen Kaki-kaki Ford Ranger dan Everest

Kompas.com - 17/10/2023, 17:32 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak hengkang dari Indonesia pada 2016 pemilik Ford khawatir sulit mendapatkan spareparts. Namun hal tersebut sebetulnya tidak pernah terjadi sebab masih banyak toko yang punya suku cadang Ford.

Jeffry Tjoeng, pemilik Union Motor, toko spesialis suku cadang Ford dan Mazda di Mega Glodok Kemayoran (MGK) Jakarta, mengatakan, permasalahan pengguna Ford Ranger dan Everest biasanya terletak di kaki-kaki.

Baca juga: Orangtua Jangan Sembarangan Kasih Izin Anak di Bawah Umur Naik Motor

Jeffry Tjoeng, pemilik Union Motor, toko spesialis suku cadang Ford dan Mazda di Mega Glodok Kemayoran (MGK) JakartaKOMPAS.com/Gilang Jeffry Tjoeng, pemilik Union Motor, toko spesialis suku cadang Ford dan Mazda di Mega Glodok Kemayoran (MGK) Jakarta

"Biasanya kaki-kaki kebanyakan, karena di Indonesia kan jalan tidak ada yang benar ya jadi kaki-kaki paling banyak," ujar Jeffry kepada Kompas.com, di Jakarta, Selasa (17/10/2023).

Suku cadang yang banyak dicari ialah bushing dan sebagainya. Harganya kata Jeffry cukup mahal, namun para pengguna Ranger dan Everest sudah tahu resikonya.

"Harganya sebetulnya tidak tentu sekarang. Bushing-bushing arm itu bisa Rp 1 juta-Rp 2 juta dapat empat, itu bushing arm atas dan bawah, ball joint jug bisa diganti per parts," kata Jeffry.

Baca juga: Kasus Pengemudi Arogan yang Pakai Pelat Dinas Polri Terulang Lagi

Permasalahan pengguna Ford Ranger dan Everest biasanya terletak di kaki-kaki.Foto: Prothanesuspensionparts Permasalahan pengguna Ford Ranger dan Everest biasanya terletak di kaki-kaki.

Bushing atau bushing karet merupakan komponen untuk mereduksi getaran yang terletak di antara dua bagian yang bergerak. Bushing ada dua jenis yaitu bushi stabilizer dan bushing arm.

Jeffry mengatakan, tak cuma untuk Ranger dan Everest, pemilik Ford model apapun pada dasarnya bisa memesan barang lewat tokonya.

"Kami banyak sparepart Ford, kami juga terima order bisa kasih DP nanti barang keluar dan akan kami kirim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com