Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Jimny 5 Pintu Mulai Dikirim dari India, Siap Masuk Indonesia?

Kompas.com - 17/10/2023, 14:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki Jimny 5 pintu menjadi salah satu produk yang banyak ditunggu oleh konsumen otomotif, tak hanya di global namun juga di Indonesia.

Usai meluncur di global, Suzuki Jimny 5 pintu ini akhirnya diekspor ke beberapa negara tujuan.

Dilansir dari Economic Times, Selasa (17/10/2023), Maruti Suzuki telah melakukan ekspor Jimny 5 pintu ke berbagai negara tujuan, termasuk kawasan Amerika Latin, Timur Tengah, dan Afrika.

Baca juga: Ingat Jalan Raya Bukan Sirkuit Balapan

“Jimny lima pintu buatan India dalam portofolio ekspor kami pasti akan menciptakan kegembiraan di antara pelanggan kami di luar negeri. Kami tetap berkomitmen dan berupaya mempertahankan kepemimpinan dalam ekspor kendaraan penumpang buatan India,” ucap Hisashi Takeuchi, Managing Director dan CEO Maruti Suzuki India (MSI).

Dengan mulai di ekspornya Suzuki Jimny 5 pintu dari India, membuat peluang SUV ikonik Suzuki untuk masuk ke Indonesia ini semakin dekat.

Suzuki Jimny 5 Pintu dikabarkan siap meluncur 2022Motor1.com Suzuki Jimny 5 Pintu dikabarkan siap meluncur 2022

Terlebih, Suzuki diketahui telah mendaftarkan kode baru di kategori Jeep, dengan nomor GN5VX (4x4) yang disinyalir merupakan kode untuk Jimny 5 pintu yang akan hadir di Tanah Air.

Dari data yang muncul pada situs Badan pajak dan Retribusi Daerah Pemprov DKI Jakarta, kendaraan bertransmisi manual memiliki harga Rp 325 juta sedangkan yang bertransmisi otomatis harganya Rp 335 juta.

Namun, NJKB bukan harga patokan ketika mobil dipasarkan ke umum. Harga ini hanya menunjukkan nilai kendaraan sebelum dikenakan pajak penjualan seperti BBNKB, PPh, PPN dan lain-lain.

Sebelumnya, Ei Mochizuki, Asst. To Strategic Planning Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan, pihaknya belum bisa memberitahu secara pasti kapan Suzuki Jimny 5 pintu bakal meluncur di Indonesia.

“Suzuki Jimny 5 pintu, tunggu sebentar saja,” ucap Ei Mochizuki, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Dept. Head of Strategic Planning PT SIS Joshi Prasetya mengatakan, pihaknya masih memerlukan studi terlebih dulu untuk mendatangkan Jimny 5 pintu ke Indonesia.

Suzuki Jimny 5-DoorsDoc Carscoops Suzuki Jimny 5-Doors

“Ketika suatu produk diluncurkan di suatu negara itu biasanya mempunyai spesifikasi, nah ini yang jelas kita perlu studi terlebih dulu di Indonesia apakah bisa bertemu dengan regulasi yang sudah ditetapkan di Indonesia atau tidak. Itu jadi persyaratan pertama yang harus kita uji, dan itu masih dalam proses,” kata Joshi.

Bicara soal Jimny lima pintu, secara tampilan mobil ini memiliki model yang mirip dengan versi sebelumnya.

Mulai dari fascia depan, kap mesin, desain lampu, kaca depan, bumper depan dan belakang, serta over fender yang terlihat nyaris serupa dengan model tiga pintu. Hanya saja, mobil ini memiliki dimensi yang lebih panjang 340mm dari Jimny tiga pintu.

Baca juga: Ingat Jalan Raya Bukan Sirkuit Balapan

Jimny lima pintu dibekali dengan mesin 1.5 liter naturally aspirated yang mampu menghasilkan tenaga 130 Hp dan torsi 134 Nm.

Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi manual lima percepatan atau otomatis enam percepatan. Mobil ini juga dibekali penggerak All Wheel Drive (AWD) AllGrip Pro Suzuki yang memungkinkan Jimny lima pintu melibas medan offroad yang ekstrem sekalipun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com