Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Balapan di Sirkuit Mandalika, KTM Mengaku Masih Kekurangan Data

Kompas.com - 13/10/2023, 08:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki hari-hari gelaran MotoGP Mandalika yang diadakan tanggal 13-15 Oktober 2023, semua tim mulai mempersiapkan diri sebelum memulai laga.

Salah satu persiapan yang dilakukan tentunya berupa evaluasi menyeluruh di segala sektor, dan memastikan kondisi kendaraan. Terkait hal ini, tim Red Bull KTM Factory Racing mengaku masih kekurangan data.

Data yang dimaksud berupa output performa maksimal yang mampu dikeluarkan motor balap KTM RC16 saat melibas sirkuit Mandalika.

Sebastian Kuhn, Press and PR Manager Red Bull KTM Factory Racing menjelaskan, kurangnya data tersebut lantaran tim teknisi KTM terus menerus melakukan pengembangan dan tweaking di hampir setiap pekan.

Baca juga: Mitsubishi Xforce Meluncur di Palembang

Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat yang akan menjadi venue gelaran MotoGP 2023 di Indonesia. Infrastruktur kelistrikan, peralatan pendukung dan personel PLN di lokasi ini telah siap 100 persen untuk mendukung gelaran acara.Dok. PT (PLN) Persero Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat yang akan menjadi venue gelaran MotoGP 2023 di Indonesia. Infrastruktur kelistrikan, peralatan pendukung dan personel PLN di lokasi ini telah siap 100 persen untuk mendukung gelaran acara.

Pengembangan rutin tersebut juga tidak luput dari peran serta Dani Pedrosa, pebalap tes Red Bull KTM yang ternyata banyak berkontribusi untuk meningkatkan performa RC16.

“Tim mekanik bekerja keras sepanjang waktu untuk menambah output performa RC16. Jadi setiap balapan bisa berbeda, dan kami (KTM) belum punya data terbaru untuk balapan besok (Mandalika),” ucapnya saat berbincang dengan Kompas.com di Jakarta, Rabu (11/10/2023).

Sebastian mengaku tidak bisa membagikan detil spesifik soal pengembangan apa saja yang dilakukan. Tapi dia mengatakan, ada ubahan di sektor mesin dan aerodinamika motor.

Baca juga: Royal Enfield Siapkan Scrambler Pakai Mesin 650cc Dua Silinder

Livery tim Red Bull KTM untuk MotoGP 2023 yang diperkuat Brad Binder dan Jack MillerDok. KTM Livery tim Red Bull KTM untuk MotoGP 2023 yang diperkuat Brad Binder dan Jack Miller

“Kami akan fokus sepenuhnya di hari Jumat, sebelum balapan utama. Sekali lagi, kami targetkan untuk mendapatkan data di (sirkuit) Mandalika dulu,” kata dia.

Untuk diketahui, ajang MotoGP Mandalika 2023 akan dimulai perdana hari Jumat (13/10/2023), tepatnya pada pukul 10:45 untuk sesi Free Practice 1 (FP1).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com