Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Pamerkan Motor Roda Tiga Hybrid di Japan Mobility Show 2023

Kompas.com - 12/10/2023, 16:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Yamaha Motor akan memamerkan sejumlah model konsepnya pada ajang Japan Mobility Show 2023. Salah satu yang menarik adalah kemunculan motor roda tiga TMW dengan desain unik dan dapur pacu hybrid.

Dilansir dari laman Webike (12/10/2023), TMW merupakan merupakan model offroad pertama dari jajaran LMW (Leaning Multi-Wheel) khas Yamaha.

Yamaha TMW digerakkan mesin konvensional pada roda belakang, dan hub motor listrik pada dua roda depan.

Baca juga: Pebalap MotoGP Heran Setelah Dengar Istilah Sunmori

Yamaha TMW jadi salah satu produk yang dipamerkan dalam ajang Tokyo Mobility Show 2023Dok. Yamaha Motor Yamaha TMW jadi salah satu produk yang dipamerkan dalam ajang Tokyo Mobility Show 2023

Selain itu, roda depan TMW mengusung teknologi LMW seperti pada Yamaha Tricity. Fitur ini memungkinkan motor mampu berdiri tanpa standar, dan bisa bermanuver seperti motor pada umumnya.

TMW bahkan diklaim tetap stabil bermanuver saat terkena angin silang atau ketika ban mulai tergelincir. Hal ini membuat motor tiga roda ini dapat mudah dikendarai dan dikontrol oleh pengemudi.

Sejauh ini Yamaha telah merilis beberapa produk LMW, di antaranya Tricity 125, Tricity 155, Tricity 300, dan Niken GT 888 cc.

Baca juga: Jogging di Trek, Quartararo Komentari Kondisi Sirkuit Mandalika

Melihat tampilannya, TMW menjanjikan kepraktisan tinggi karena dibekali sebuah keranjang besar di depan, lalu side box di belakang, serta ada tambahan dudukan boks belakang.

Yamaha belum mengungkap spesifikasi dari mesin yang diusung TMW. Namun dari foto-foto yang beredar, terlihat bahwa mesin mengusung konfigurasi silinder tunggal dan berpendingin udara.

Banyak yang mengaitkan TMW dengan Yamaha TW200. Berdasarkan spek di atas kertas, TW200 memiliki mesin berkapasitas 196 cc dengan torsi maksimal 1,4 kgm atau setara 13,7 Nm pada 7.000 rpm.

Tenaga tersebut disalurkan melalui girboks 5-percepatan dan diklaim mampu hasilkan konsumsi bahan bakar 33 km per liter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com