Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuci Mobil Robot dengan Tenaga Manusia, Mana yang Lebih Baik?

Kompas.com - 12/10/2023, 15:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini metode yang dihadirkan tempat cuci mobil cukup banyak ragamnya, dua diantaranya adalah tenaga manusia dan cuci mobil menggunakan tenaga robot (robotik).

Dari segi biaya, ongkos jasa yang dikenakan di tempat cuci robot memang lebih mahal yakni mulai dari Rp 60.000 sampai Rp 70.000. Sedangkan untuk pengerjaan hal yang sama, tempat cuci mobil tenaga manusia dikenakan biaya Rp 35.000.

Haikal Qasthalani Muharam pemilik Ceria Car Wash yang berlokasi di Jalan Raya Mauk, Sepatan, Tangerang, mengatakan, cuci mobil menggunakan robotik atau tenaga manusia sama-sama memiliki plus minus.

Baca juga: Video Mobil Nyaris Jatuh dari Atas Hidrolik Saat Cuci Mobil

“Plusnya kalau pake robotik dari sisi waktu, biasanya dua sampai lima menit sudah selesai. Tapi minusnya, mungkin beberapa sela-sela seperti jendela atau kaki-kaki mesin, dan selipan ban itu tidak bisa terjangkau,” ucap Haikal, kepada Kompas.com, Rabu (11/10/2023).

Suasana di salah satu layanan cuci mobil steam hidrolik yang ada di Depok, Selasa (7/11/2017).KompasOtomotif/Alsadad Rudi Suasana di salah satu layanan cuci mobil steam hidrolik yang ada di Depok, Selasa (7/11/2017).

Selain itu, Haikal melanjutkan, mencuci mobil menggunakan robotik berpotensi terjadi kendala seperti korsleting listrik.

“Ditakutkan ketika memang ada kendala di kelistrikan dan error dari mesin itu sendiri, karena kalau dari korsleting itu kan kita tidak bisa prediksi dan lain-lain,” kata Haikal.

Baca juga: Alasan Kenapa Sedan Jarang Punya Wiper Belakang

Sementara untuk mencuci menggunakan tenaga manusia hasilnya bisa dipastikan lebih bersih jika dibandingkan menggunakan cuci mobil dengan metode robotik. Hanya saja waktu pengerjaannya lebih lama.

“Kalau untuk kebersihan jelas tetap dari manusia sendiri, karena kalau robotik terbatas tidak seditail atau seteliti tangan manusia dan tenaga manusia. Jadi teknologi seperti robotik bisa membantu dari segi efisiensi waktu saja, untuk kebersihan tetap ada di manusia itu sendiri tenaga manusia,” ucap Haikal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com