Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan Knop Pengunci Pintu Xforce yang Dianggap Jadul

Kompas.com - 12/10/2023, 16:24 WIB
Agung Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Mitsubishi Xforce meluncur dengan status latecomer di pasar sport utility vehicle (SUV) B. Sejak peluncuran perdana di GIIAS, Agustus 2023 lalu, kemudian muncul berbagai perbandingan dengan rival di segmen sama.

Salah satu yang menjadi bahasan netizen adalah soal knop pengunci pintu Xforce yang dianggap jadul. Berbeda dengan model sekelasnya, knop pengunci terintregasi pada tuas pembuka pintu. Tapi, Xforce terkesan seperti mobil jadul dengan knop diujung pilar jendela dengan bentuk yang sederhana.

Baca juga: Mitsubishi Xforce Meluncur di Palembang

Hendra Gunawan, Head of Planning Section MMKSI, mengatakan, komentar netizen memang unik. Kerap membandingkan model, padahal platform serupa juga digunakan pada mobil lansiran merek Eropa.

Mitsubishi XForce meluncur pertama kali di Pekanbaru, Riau (21/9/2023).KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Mitsubishi XForce meluncur pertama kali di Pekanbaru, Riau (21/9/2023).

“Lihat saja Mercedes, BMW, atau Mini, (knop) ini disesuaikan dengan standar safety di satu wilayah tertentu. Jadi memang harus terlihat apakah pintu dalam kondisi terkunci atau tidak,” ucap Hendra di Palembang, Kamis (12/10/2023).

Xforce, kata Hendra, memang secara platform disesuaikan dengan pasar ASEAN, Eropa, dan Amerika Latin. Jadi fitur knop pengunci ini memang sudah sesuai standar keselamatan.

Baca juga: 95 Persen Pemesanan Mitsubishi XForce Didominasi Tipe Paling Mahal

“Tidak menutup kemungkinan ke depan Xforce akan ekspor ke negara-negara itu,” ucap Hendra.

Mitsubishi XForceKompas.com/Adityo Mitsubishi XForce

Hendra menjelaskan, mekanisme knop pengunci pintu ini juga tidak ditarik atau dipencet. Tetapi, dengan menggunakan tuas pembuka pintu dari dalam.

“Jadi, tidak dicongkel, tapi dua kali tarik (cara menggunakannya). Semua mobil Eropa seperti itu, kesannya mungkin jadul. Tapi, sebenarnya tidak demikian,” ucap Hendra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com