Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duet Indomobil - Inchcape Yakin Bisa Rajai Pasar Mobil Mewah Indonesia

Kompas.com - 12/10/2023, 17:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bersama Grup Salim yaitu PT Indomobil Sukses International Tbk, Inchcape Plc yakin dapat berkontribusi secara signifikan terhadap pertumbuhan pasar kendaraan bermotor mewah atau luxury di Indonesia, terkhusus yang berteknologi ramah lingkungan.

Sebab berdasarkan pengalamannya di beberapa negara, perusahaan distribusi, retail, dan layanan otomotif asal Inggris ini berhasil membuat merek Mercedes-Benz jadi kendaraan premium terlaris.

"Kami sudah mengakuisisi Mercedes-Benz di beberapa negara dan sukses membawanya sebagai kendaraan premium dengan penjualan tertinggi. Kondisi tersebut terjadi seperti di Amerika Latin dan kita yakin dapat melakukannya di Indonesia," kata Group CEO Inchcape Plc Duncan Tait kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Masih Penjajakan Awal, Gaikindo Mengaku Sudah Jumpa VinFast

Group CEO Inchcape Plc Duncan TaitKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Group CEO Inchcape Plc Duncan Tait

Mengingat, Indonesia merupakan salah satu negara menarik dengan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) yang baik, yakni di atas 5 persen, serta populasi yang mencapai 270 juta penduduk.

Sementara itu, Indomobil Group milik konglomerat Anthoni Salim juga memiliki pengalaman yang begitu kompleks dan lengkap di Indonesia. Perusahaan ini menduduki salah satu pemain penting pada sektor otomotif nasional.

“Tidak ada yang mengenal Indonesia lebih baik dari Salim Group dan kombinasi dari Inchcape sebagai pemimpin global dan Salim Group, menurut saya sangat kuat,” ucap dia.

"Dengan potensi yang sangat besar dan akan terus tumbuh di tahun-tahun mendatang, kita yakin bisa menjadi premium dan luxury brand otomotif di Indonesia," lanjut Duncan.

Diketahui, Inchcape saat ini memiliki beberapa kerja sama dengan Indomobil untuk masuk ke pasar otomotif Indonesia. Salah satu yang santer ialah mengalihkan kepemilikan merek Mercedes-Benz Indonesia dari Mercedes-Benz AG ke Inchcape dan Indomobil.

Baca juga: Inchcape Pastikan Mulai Produksi Lokal GMW pada 2024

Mobil listrik Ora R1 buatan Great Wall Motors asal China, disebut sebagai yang termurah di dunia dengan harga Rp 120 juta-an.GREAT WALL MOTORS Mobil listrik Ora R1 buatan Great Wall Motors asal China, disebut sebagai yang termurah di dunia dengan harga Rp 120 juta-an.

Dalam kemitraannya itu, Inchcape memiliki kepemilikan 70 persen saham. Sementara pihak Indomobil Group memegang 30 persen sisanya.

Tidak berselang lama, mereka melakukan kerja sama strategis global lagi dengan Great Wall Motor Company Limited (GWM) dengan proporsi kepemilikan saham yang sama. Melalui mitra terkait, Inchcape akan memasarkan tiga merek sekaligus, yaitu Haval, Ora, dan Tank.

Inchcape juga sudah mengakuisisi distribusi untuk merek Harley Davidson dan Land Rover di Indonesia, yang beroperasi tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com