Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi XForce Diklaim Aman Pakai Pertamax Green 95

Kompas.com - 22/09/2023, 08:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com – Bahan bakar Pertamax Green resmi diluncurkan Pertamina. Pertamax Green 95 saat ini sudah memiliki izin niaga dan mulai dijual di 10 SPBU di Surabaya serta 5 SPBU di wilayah Jakarta.

Pertamax Green merupakan bahan bakar hasil campuran Pertamax dengan bioetanol sebanyak lima persen atau disebut E5.

Secara segmentasi, Pertamax Green yang memiliki angka RON 95 diposisikan lebih tinggi daripada Pertamax (RON 92), namun lebih rendah dibandingkan Pertamax Turbo (RON 98).

Baca juga: Suzuki Jimny 5 Pintu Sudah Terdaftar di Indonesia, Harga Rp 300 Jutaan

SPBU Pertamina di MT Haryono, Jakarta Selatan mulai menjual BBM jenis Pertamax Green 95 pada Senin (24/7/2023).KOMPAS.com/YOHANA ARTHA ULY SPBU Pertamina di MT Haryono, Jakarta Selatan mulai menjual BBM jenis Pertamax Green 95 pada Senin (24/7/2023).

Bagi para pemilik Mitsubishi XForce, BBM Pertamax Green 95 yang mengandung bioetanol 5 persen diklaim masih aman dipakai.

“Pada dasarnya harusnya sih tidak ada masalah (menggunakan Pertamax Green 95),” ujar Head of Planning Section PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Hendra Gunawan di Pekanbaru (21/9/2023).

Seperti diketahui, bioetanol merupakan salah satu bentuk energi terbarukan yang bisa diproduksi dari tumbuhan melalui proses fermentasi.

Baca juga: Meski Dilarang Menperin, Hyundai Tetap Kerek Harga Ioniq 5

Penggunaan bioetanol yang dicampur ke bahan bakar fosil disebut mampu menurunkan kadar emisi yang dihasilkan mesin kendaraan.

Penggunaan juga bioetanol bisa mengangkat kotoran yang ada di sistem bahan bakar karena memiliki kandungan detergen.

Meski begitu, kotoran selanjutnya akan terkumpul di filter bensin. Sehingga, komponen tersebut berpotensi lebih pendek usia pakainya.

Baca juga: BRIN Buka Suara Soal Penemuan Teknologi Nikuba

Mitsubishi XFORCE. Dok. Kompas.com/Adityo Mitsubishi XFORCE.

“Jadi memang kita sampaikan saja terang-terangan memang mesin XForce sama dengan Xpander, dan itu hal yang lumrah juga di brand-brand lain,” ucap Hendra.

“Dan untuk penggunaannya sejauh ini Pertamax Green 95 kita lihat sudah digunakan di Xpander. Jadi, so far untuk di XForce pun tidak akan menjadi masalah,” kata dia.

Sebagai tambahan, berdasarkan informasi dari MMKSI, seluruh mobil mesin bensin yang dipasarkan secara resmi di Indonesia sanggup menggunakan BBM bioetanol maksimal hingga 10 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com