Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SPK Mitsubishi XForce Tembus 1.900 Unit

Kompas.com - 22/09/2023, 07:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com – Mitsubishi XForce resmi meluncur di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 yang berlangsung di ICE BSD City, Tangerang, Banten pada 11-20 Agustus lalu.

Mobil baru ini menjadi penantang terbaru di segmen SUV B yang dihuni Hyundai Creta, Suzuki Grand Vitara, Toyota Yaris Cross, Wuling Alvez, dan Honda HR-V.

Ketika meluncur, mitsubishi XForce hadir dengan dua varian yang dibanderol mulai Rp 379,9 juta untuk tipe Exceed dan Rp 412,9 juta untuk Ultimate.

Baca juga: Suzuki Jimny 5 Pintu Sudah Terdaftar di Indonesia, Harga Rp 300 Jutaan

Test drive Mitsubishi XForce di trek basah pada Bridgestone Proving GroundDok. MMKSI Test drive Mitsubishi XForce di trek basah pada Bridgestone Proving Ground

Satu bulan berselang, SUV ringkas ini langsung mengalami kenaikan harga, di mana tipe Exceed dibanderol Rp 382,5 juta dan tipe Ultimate Rp 419,1 juta.

Harga tersebut merupakan on the road Jakarta selama September 2023, sementara varian dengan warna white color dijual dengan harga lebih mahal Rp 1,5 juta.

Tetsuhiro Tsuchida, Director of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), mengatakan, tipe Ultimate jadi varian paling diminati dengan komposisi mencapai 90 persen dibandingkan tipe Exceed.

Baca juga: Meski Dilarang Menperin, Hyundai Tetap Kerek Harga Ioniq 5

“Di GIIAS itu kan hampir 1.100 unit SPK yang masuk, sampai sekarang angka ter-update sampai minggu kemarin angkanya 1.800 unit sekian jadi sekarang mungkin sudah 1.900-an unit,” ujar Tsuchida di Pekanbaru, Kamis (21/9/2023).

“Kurang lebih SPK 1.900 unit sudah masuk secara nasional, yang inden duluan akan dapat unitnya, produksi (XForce) dimulai dari Oktober dan delivery November 2023,” kata dia.

Sebagai informasi, XForce dibekali mesin berkode 4A91 1.500 cc MIVEC DOHC 16 katup yang sama basisnya seperti Xpander. Dapur pacu ini mampu menghasilkan tenaga 103 Tk pada 6.000 rpm,dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm.

Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi otomatis CVT menggunakan sistem penggerak FF (Front Engine-Front Wheel Drive).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com