Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukungan Alex Marquez buat Sang Kakak yang Pindah ke Ducati

Kompas.com - 06/10/2023, 10:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Motosan.es

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez resmi pisah dari Repsol Honda setelah 11 tahun bersama. Musim depan, pebalap berjuluk Baby Alien tersebut akan menjadi pebalap tim satelit Ducati di Gresini Racing.

Sekali lagi, Marc akan tandem dengan sang adik Alex Marquez dalam satu tim di Gresini. Sebelumnya, kakak adik asal Spanyol ini pernah bersama, saat Alex menjadi bagian dari Repsol Honda pada 2020 meski hanya semusim.

Baca juga: Kargo Tim Balap MotoGP Mulai Mendarat di Lombok

Alex pun memberikan dukungannya kepada Marc untuk kembali menjadi pebalap yang disegani seperti terakhir pada musim 2019.

Marc Marquez dan sang adik, Alex Marquez, saat berlaga pada MotoGP San Marino 2023. Setelah resmi mengakhiri kontrak lebih cepat bersama Honda, Marc Marquez dikabarkan bakal pindah ke Gresini yang kini dibela Alex Marquez.Dok. Gresini Racing Marc Marquez dan sang adik, Alex Marquez, saat berlaga pada MotoGP San Marino 2023. Setelah resmi mengakhiri kontrak lebih cepat bersama Honda, Marc Marquez dikabarkan bakal pindah ke Gresini yang kini dibela Alex Marquez.

“Aku tahu hari ini bukanlah hari yang mudah bagimu. Tapi Anda berani, dan hidup memberi penghargaan kepada mereka yang menunjukkan keberanian," kata Alex, dikutip dari Motosan.es, Jumat (6/10/2023).

"Hanya sedikit dari kami yang mengetahui apa yang Anda alami sejak tahun 2020, dan inilah saatnya Anda sekali lagi menikmati 100 persen hal yang paling Anda sukai,” ujar Marquez bungsu.

Alex menjadi orang yang paling dekat dengan Marc dalam beberapa tahun terakhir. Alex bahkan ikut pindah ke Madrid ketika Marc memutuskan tinggal di Madrid untuk mempercepat proses pemulihan cedera.

Baca juga: Wuling Almaz Model Lama Masih Dijual, Dapat Harga Khusus

Seperti diketahui, kemerosotan Marc Marquez mulai terjadi pada musim 2020. Saat itu dia jatuh dan mengalami patah lengan kanan yang membuatnya harus absen selama semusim dan menjalani dua operasi.

Rider Repsol Honda, Marc Marquez, berselebrasi di atas podium MotoGP Jepang 2023 yang berlangsung di Sirkuit Motegi pada 1 Oktober 2023. Setelah resmi mengakhiri kontrak lebih cepat bersama Honda, Marc Marquez dikabarkan bakal pindah ke tim satelit Ducati, Gresini Racing.AFP/TOSHIFUMI KITAMURA Rider Repsol Honda, Marc Marquez, berselebrasi di atas podium MotoGP Jepang 2023 yang berlangsung di Sirkuit Motegi pada 1 Oktober 2023. Setelah resmi mengakhiri kontrak lebih cepat bersama Honda, Marc Marquez dikabarkan bakal pindah ke tim satelit Ducati, Gresini Racing.

Tahun berikutnya, masalah lengan kanannya belum pulih 100 persen. Marc kemudian menjalani lagi operasi sampai kondisinya dinyatakan fit. Namun, di tengah perjalanan dia mengalami masalah pandangan kabur.

Pada rentang 2020-2023 Marc juga berjuang dengan merosotnya motor Honda RC213V. Sejak dia cedera pada 2020 otomatis tidak ada pebalap utama yang memberi masukan mengenai pengembangan motor.

Honda Racing Corporation (HRC) sendiri kelimpungan menahan laju pengembangan motor pabrikan lain khususnya merek Eropa, mulai dari Ducati, KTM, dan Aprilia yang kini para pebalapnya menguasai podium.

Gerah karena performa motor Honda yang terus stagnan di bawah, pada pertengahan musim 2023 Marc Marquez memutuskan pisah dari Honda. Pabrikan yang sudah membawanya meraih enam gelar juara dunia MotoGP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com