Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Perbaikan Electric Power Steering

Kompas.com - 05/10/2023, 19:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Power steering punya peran penting dalam kenyaman berkendara. Power steering yang rusak akan menyebabkan setir terasa berat. Kemudian jika dibiarkan dapat menyebabkan tapak ban tidak rata.

Giyarno, pemilik bengkel spesialis Giri Power Steering, di Cinere, Depok, Jawa Barat, mengatakan, power steering ada dua model, pertama model hidrolik dan kedua model elektrik yaitu electric power steering (EPS).

Baca juga: PO Eka Rilis Bakal Rilis Bus Baru Pakai Bodi Jetbus 5

Ilustrasi Elektrik Power SteeringGUIDEAUTOWEB.com Ilustrasi Elektrik Power Steering

Giyar mengatakan, biaya servis power steering electric bervariasi namun pada dasarnya lebih malah daripada model hidrolik.

"Agak variatif tergantung tingkat kesulitan. Namun untuk mobil umum seperti Honda yang paling banter Civic FD (kode rangka FD) kisaran Rp 1,8 juta sampai Rp 2 juta," ujar Giyar kepada Kompas.com, Rabu (4/10/2023).

"Namun kalau Land Cruiser kisaran harganya bisa Rp 10 juta. Sebetulnya itu disesuaikan dengan harga misalnya BMW kelas seri-5 sampai seri-7 itu lumayan," ujar Giyar.

Baca juga: Ini Mobil yang Mesti Pakai Selang High Pressure Power Steering Ori

Giyarno, pemilik bengkel Giri Power Streering di Cinere, Depok, Jawa Barat, mengatakan, semua mobil bisa dipasangkan power steering. KOMPAS.com/Gilang Giyarno, pemilik bengkel Giri Power Streering di Cinere, Depok, Jawa Barat, mengatakan, semua mobil bisa dipasangkan power steering.

Giyar mengatakan, kerusakan para power steering electric paling banyak disebabkan karena pemakaian yang kurang benar atau kurang hati-hati.

"Semua mobil elektrik itu sebetulnya enak pakainya cuma agak riskan dan agak bermasalah kalau lewat jalan rusak," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com