Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hubungan China dan Eropa Memanas karena Mobil Listrik Murah

Kompas.com - 05/10/2023, 19:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Reuters

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecurigaan Uni Eropa terhadap strategi mobil listrik murah dari China di kawasan, menggerakkan Komisi Eropa untuk membuka penyelidikan adanya satu kecurangan berbisnis pada Rabu (4/10/2023).

Menurut mereka, Komite Eropa sudah memiliki cukup bukti bila China telah memberikan subsidi yang berisiko merugikan industri otomotif Uni Eropa. Langkah ini lantas mendapat dukungan dari negara-negara anggota Uni Eropa dan serikat pekerja.

Atas tuduhan tersebut, pemerintah China memberikan respons tegas. Melansir Reuters pada Kamis (5/10/2023), disebutkan bahwa semua produsen yang memasarkan produk kendaraan bermotor sudah melewati sejumlah standar ketat dari Eropa.

Baca juga: Penjelasan Mengapa Mobil China Bisa Lebih Murah

Deretan mobil listrik Wuling Air ev dipamerkan di GIIAS 2023Dok. Wuling Deretan mobil listrik Wuling Air ev dipamerkan di GIIAS 2023

"China sangat tidak puas dengan penyelidikan anti-subsidi karena tidak memiliki bukti yang memadai dan tidak mematuhi peraturan Organisasi Perdagangan Dunia," demikian pernyataan Kementerian Perdagangan China dalam sebuah pernyataan.

Pihak China belum diberikan materi konsultasi yang memadai dan akan sangat memperhatikan prosedur investigasi Komisi Eropa untuk melindungi hak dan kepentingan perusahaan-perusahaannya.

China juga mendesak Uni Eropa untuk menjaga stabilitas rantai pasokan global dan kemitraan strategis antara keduanya, sambil menerapkan solusi perdagangan dengan kehati-hatian.

Dalam sebuah pernyataan yang diposting di akun resmi WeChat pada Rabu malam, Asosiasi Produsen Mobil China (CAAM) menyebut penyelidikan tersebut sebagai tindakan proteksionisme yang akan menghambat pertumbuhan industri kendaraan listrik global.

Baca juga: 10 Momen Terbaik Marc Marquez di MotoGP Bersama Honda

Mobil Sport Listrik Neta GTNeta Auto Indonesia Mobil Sport Listrik Neta GT

Peluncuran resmi penyelidikan Uni Eropa dilakukan dengan pengumuman di jurnal resmi blok tersebut, yang mengatakan China telah diundang untuk berkonsultasi, meskipun tidak memberikan kerangka waktu untuk pembicaraan tersebut.

"Informasi yang dikumpulkan oleh komisi pun cenderung menunjukkan bahwa produsen di China mendapat manfaat dari subsidi sehingga merugikan industri Uni Eropa", tambah dia.

Dikatakan pula bahwa subsidi telah memungkinkan peningkatan pesat impor murah ke Uni Eropa. Kemudian, kondisi kelebihan kapasitas produksi mobil listrik di China juga diproyeksi akan menyebabkan peningkatan impor lebih lanjut dalam waktu dekat.

Untuk diketahui, pangsa pasar kendaraan listrik China di Eropa telah meningkat menjadi 8 persen dan dapat mencapai 15 persen pada tahun 2025.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com